Ida Fauziyah Minta Pengusaha Berkomitmen Terapkan Struktur Upah yang Baik

Ida Fauziyah Minta Pengusaha Berkomitmen Terapkan Struktur Upah yang Baik
Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah meminta perusahaan berkomitmen menerapkan struktur dan skala upah dengan baik. Foto: Kemnaker

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah meminta perusahaan berkomitmen menerapkan struktur dan skala upah dengan baik.

Menurut Ida, penerapan tersebut juga dengan memperhatikan kemampuan dan produktivitas perusahaan masing-masing.

"Komitmen ini penting agar kita dapat keluar dari persoalan Upah Minimum (UM) serta membicarakan pengupahan berbasis produktivitas," kata Menaker pada diskusi bertajuk Ngopi SUSU (Ngobrol Pintar Struktur dan Skala Upah) di Jakarta, Jum’at (17/12/2021).

Diskusi tersebut diikuti oleh Perkumpulan Pengusaha Produk Tekstil Provinsi Jawa Barat (PPPTPJB), Korean Chamber of Commerce and Industry Indonesia (KoCham), dan Korea Garment Manufacturer’s Association in Indonesia (KOGA).

Ida menjelaskan penerapan struktur dan skala upah di perusahaan akan memberikan manfaat, baik bagi pengusaha maupun pekerjanya.

Menurutnya, manfaat struktur dan skala upah bagi perusahaan, yaitu sebagai salah satu alat strategis untuk mendukung filosofi perusahaan.

Di samping itu, kata dia, alat bantu administratif dalam rangka perencanaan biaya, dan sebagai mekanisme penentuan upah yang kompetitif.

Diharapkan dapat merekrut, mempertahankan, dan memotivasi pekerja yang berkualitas yang pada akhirnya mewujudkan ketenangan dan kelangsungan berusaha.

Menteri Ketenagakerjaan Ida Fauziyah meminta perusahaan berkomitmen menerapkan struktur dan skala upah dengan baik.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News