Ide Anies soal Koperasi Perumahan Bisa Sukses, Sudah Banyak Negara Menerapkannya

Ide Anies soal Koperasi Perumahan Bisa Sukses, Sudah Banyak Negara Menerapkannya
Juru Bicara Anies Baswedan untuk Pilpres 2024 Angga Putra Fidrian. Foto: dok pribadi for JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Bakal capres Pilpres 2024 Anies Baswedan menggulirkan idenya tentang koperasi perumahan untuk mempercepat pemenuhan kebutuhan akan hunian layak bagi rakyat.

Ide yang dilontarkan capres dari Koalisi Perubahan itu didasari kenyataan bahwa tidak semua kalangan bisa mengakses pendanaan dari kredit pemilikan rumah (KPR).

Juru bicara Anies Baswedan untuk Pilpres 2024 Angga Putra Fidrian meyakini ide soal koperasi perumahan itu bisa dilaksanakan. Alasannya, sudah ada kisah tentang keberhasilan koperasi perumahan.

“Koperasi perumahan sukses diterapkan di berbagai negara dan bisa kita lihat sebagai salah satu best practice global yang bisa dilakukan di Indonesia,” ujar Angga melalui layanan pesan, Senin (13/11/2023).

Pemerhati kebijakan di bidang perumahan itu juga menegaskan Anies memiliki berbagai referensi global untuk mewujudkan hunian layak guna meningkatkan kesejahteraan masyarakat Indonesia.

“Salah satunya adalah koperasi perumahan,” tutur Angga.

Lebih lanjut Angga mengatakan gagasan Anies tersebut sangat mungkin direalisasikan, apalagi ketika negara memberikan dukungan.

“Negara harus memiliki berbagai alternatif dalam memastikan ketersediaan rumah bagi masyarakat,” kata Angga.

Jubir Anies Baswedan untuk Pilpres 2024 Angga Putra Fidrian meyakini ide soal koperasi perumahan bisa dilaksanakan guna menyediakan hunian layak bagi rakyat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News