Ide Ganjar untuk Mengembangkan Kreativitas Gen Z Pelaku Industri Kreatif

Ide Ganjar untuk Mengembangkan Kreativitas Gen Z Pelaku Industri Kreatif
Gubernur Jateng Ganjar Pranowo saat berbincang dengan para influencer dari kalangan gen Z di Semarang, Senin (14/8). Foto: Biro Humas Pemprov Jateng

jpnn.com, SEMARANG - Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo mengadakan pertemuan dengan anak-anak muda generasi Z atau gen Z yang menjadi influencer atau pemengaruh.

Dalam pertemuan di Semarang pada Senin (14/8) malam itu, puluhan gen Z (generasi kelahiran 1997-2012) menyampaikan unek-unek, terutama kekhawatiran akan masa depan mereka.

Di antara para influencer yang hadir pada pertemuan itu ialah Thariq Haililintar, penulis sekaligus figur publik Meisya Sallwa, penyanyi Lula Lahfah, TikToker Angie Williams, selebgram Clara Shinta Aritona, selebritas Fuji An, dan masih banyak lagi.

"Saya mendengarkan suara-suara mereka, anak-anak muda yang punya bakat luar biasa. Hari ini mereka mengeluarkan seluruh unek-uneknya," ujar Ganjar seusai berbincang dengan para influencer.

Bakal capres untuk Pilpres 2024 itu menuturkan salah satu kekhawatiran di antara gen Z ialah kepastian akan masa depan karena digitalisasi di berbagai sektor kehidupan. Meski demikian, Ganjar menilai anak-anak muda sangat kreatif.

Banyak gen Z saat ini yang punya kemampuan menulis, mencipta lagu, menyanyi, bahkan menjadi desainer, pembuat film, kreator konten, dan industri kreatif lainnya.

“Tentu mereka butuh proses kreatifnya itu difasilitasi,” tuturnya.

Gubernur ke-15 Jateng itu lantas memerinci fasilitas yang bisa diberikan kepada gen Z untuk mengembangkan minat dan bakat mereka di industru kreatif. Misalnya, menyediakan pelatihan, pendidikan, dan ceative hub.

Menurut Ganjar Pranowo, ada kekhawatiran di kalangan gen Z tentang masa depan mereka di tengah digitalisasi yang merambah semua sektor kehidupan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News