Identitas Kerangka Manusia Tanpa Busana Terkuak, Dia Perempuan

Identitas Kerangka Manusia Tanpa Busana Terkuak, Dia Perempuan
Kapolres Metro Jakarta Utara Kombes Pol Gidion Arif Setyawan (kanan), Kamis (9/2/2023). ANTARA/HO-Jurnalis Jakarta Utara

jpnn.com, JAKARTA UTARA - Polisi mendapati identitas kerangka manusia tanpa busana yang ditemukan di semak-semak perumahan kawasan Rorotan, Cilincing, Jakarta Utara, Senin (23/1).

Berdasarkan proses identifikasi, kerangka tersebut seorang perempuan.

"(Proses identifikasi) sudah 90 persen. Bisa kami sampaikan bahwa kerangka mengarah ke seorang perempuan yang selama ini sudah meninggalkan rumah, (SIY)," kata Kapolres Metro Jakarta Utara Kombes Gidion Arif Setyawan kepada wartawan di sela silaturahmi dan tasyakuran Hari Pers Nasional dengan Kelompok Kerja Jurnalis Jakarta Utara, Kamis.

???Gidion mengatakan kerangka manusia dengan jenis kelamin perempuan berusia sekitar 30 tahun ke atas dan waktu kematian perempuan tersebut antara tiga sampai 12 bulan lamanya itu sudah didukung pelibatan tim ahli forensik di Rumah Sakit Polri Kramatjati dengan metode investigasi kejahatan secara ilmiah (scientific crime investigation).

Dia menyebut sudah hampir tiga pekan dari penemuan kerangka tersebut, hasil tes materi genetik yang diturunkan (asam deoksiribonukleat/DNA) belum juga diperoleh sehingga proses identifikasi kerangka manusia itu masih kurang sekitar sepuluh persen lagi.

Namun, menurut Gidion, kemungkinan hasil tes DNA itu bisa keluar pada pekan-pekan ini.

Gidion mengatakan akan mendalami terkait perbedaan waktu pelaporan hilangnya Indah atau SIY, yaitu sejak 26 Desember 2022 dengan waktu penemuan kerangka pada 23 Januari 2023.

"Ini akan didalami setelah proses identifikasi selesai 100 persen karena secara ilmiah diperlukan waktu sekitar tiga sampai 12 bulan bagi jenazah untuk bisa menjadi kerangka," katanya.

Polisi mendapati identitas kerangka manusia tanpa busana yang ditemukan di semak-semak.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News