Idham Aziz Diyakini Bisa Jadikan Polri Makin Profesional

Idham Aziz Diyakini Bisa Jadikan Polri Makin Profesional
Pengamat hukum Zainudin menyambut baik pencalonan Idham Aziz untuk menggantikan Tito Karnavian sebagai Kapolri. Foto: Dok Pri

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat hukum Zainudin menyambut baik pencalonan Idham Aziz untuk menggantikan Tito Karnavian sebagai Kapolri.

“Pengalaman menduduki jabatan dalam institusi Polri menjadi bekal bagi upaya menjadikan kepolisian yang profesional dalam menegakkan hukum di Indonesia", tutur dia, Senin (28/10).

Aktivis Pemuda Muhammadiyah itu meyakini Idham mampu meneruskan upaya Tito menjadikan Polri sebagai organisasi yang bersih, profesional dan mengayomi masyarakat.

“Hal itu sebagai satu-satunya cara agar Polri bisa mendapat tempat di hati masyarakat,” ujarnya.

Wakil Dekan Fakultas Hukum Universitas Muhammadiyah Sumatera Utara (UMSU) itu menambahkan, penegakan hukum yang baik harus diiringi profesionalitas dan kerja sama yang bagus di antara sesama lembaga penegak hukum.

Menurut dia, tujuan utama penegakan hukum adalah untuk mewujudkan adanya rasa keadilan, kepastian hukum, dan kemanfaatan dalam masyarakat.

“Dalam proses tersebut, harus mencerminkan aspek kepastian dan ketertiban hukum serta bisa melibatkan semua pihak", ungkap Zainudin.

Profesionalitas Polri, sambung dia, merupakan keniscayaan agar mampu menjadi pengayom masyarakat karena mereka merupakan ujung tombak penegakan hukum di Indonesia.

Pengamat hukum Zainudin menyambut baik pencalonan Idham Aziz untuk menggantikan Tito Karnavian sebagai Kapolri.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News