IIMS Jual 10 Ribu Unit, Transaksi Rp 3 Triliun

IIMS Jual 10 Ribu Unit, Transaksi Rp 3 Triliun
IIMS Jual 10 Ribu Unit, Transaksi Rp 3 Triliun
JAKARTA - Pameran mobil terbesar, Indonesia International Motor Show (IIMS) 2011, berakhir tadi malam. Meski tidak menargetkan penjualan, terjadi transaksi cukup fantastis dari penjualan hampir 10 ribu unit mobil dan diyakini menembus sekitar Rp 3 triliun selama 10 hari (22-31 Juli) di Jakarta International Expo Kemayoran.

Ketua Panitia IIMS 2011 Johnny Darmawan mengatakan, sampai Sabtu (30/07) siang terjadi transaksi sebesar Rp 2,758 triliun dari penjualan 9.780 unit. Itu belum termasuk penjualan komponen dan industri pendukung. Sebab, selain 32 brand mobil yang berpartisipasi juga ada 227 perusahaan non-anggota Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) dan 256 stand.

Adapun data secara utuh sepanjang pagelaran belum bisa diumumkan. Sebab IIMS 2011 masih menerima pengunjung dan transaksi sampai pukul 22:00 tadi malam. Setelah itu dilakukan rekapitulasi dan hasilnya baru bisa diumumkan hari ini. "Kalau sampai penutupan (31/7) saya perkirakan total transaksi bisa sampai Rp 3 triliun, paling tidak Rp 2,9 triliun," kata Johnny saat seremoni penutupan.

Angka tersebut sudah melebihi perkiraan yaitu senilai Rp 2,7 triliun seperti diungkapkan Johnny beberapa hari sebelum ajang ini dimulai. Tahun lalu, total transaksi mencapai Rp 2,5 triliun. "Ini membuktikan bahwa industri otomotif di tanah air terus berkembang," katanya.

JAKARTA - Pameran mobil terbesar, Indonesia International Motor Show (IIMS) 2011, berakhir tadi malam. Meski tidak menargetkan penjualan, terjadi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News