Operator Terus Perbesar Infrastruktur Data

Operator Terus Perbesar Infrastruktur Data
Operator Terus Perbesar Infrastruktur Data
SURABAYA - Jumlah pelanggan layanan data yang terus bertambah menjadikan operator telekomunikasi terus memperluas jaringan infrastruktur mereka. Apalagi saat ini meski layanan tradisional semacam voice dan short message masih menjadi penyumbang mayoritas, namun porsi layanan internet broadband juga makin membesar.

Dari laporan kinerja semester I 2011, PT XL Axiata Tbk  (XL) melaporkan kenaikan jumlah pelanggan 10 persen dari 35,2 juta di Juni 2010 menjadi 38,9 juta di Juni 2011. Dari kenaikan tersebut, sumbangan pelanggan layanan internet makin besar, sehingga XL terus melakukan upaya penambahan infrastruktur pendukung.

"Ke depan masih ada potensi besar di bisnis layanan data terkait perubahan perilaku pelanggan dari penggunaan layanan tradisional (layanan percakapan dan SMS) menuju layanan data," kata Presiden Direktur XL Hasnul Suhaimi.

Karena itu dia menjelaskan dalam 12 bulan terakhir, XL telah menambah BTS sebanyak 4.084 BTS (2G/3G) di seluruh Indonesia. Dari jumlah tersebut, 1.220 merupakan 3G BTS. Di mana 3G BTS meningkat sebesar 53 persen dari 2.301 BTS per Juni 2010 menjadi 3.521 BTS per Juni 2011.

SURABAYA - Jumlah pelanggan layanan data yang terus bertambah menjadikan operator telekomunikasi terus memperluas jaringan infrastruktur mereka.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News