JPNN.com

Iis Dahlia Sebut Suami Tak Tahu Soal Motor Harley, Eks Pilot Garuda Bilang Begini

Kamis, 12 Desember 2019 – 12:09 WIB Iis Dahlia Sebut Suami Tak Tahu Soal Motor Harley, Eks Pilot Garuda Bilang Begini - JPNN.com
Satrio Dewandono dan Iis Dahlia. Foto: Instagram

jpnn.com, JAKARTA - Iis Dahlia menyatakan suaminya Satrio Dewandono, tidak tahu menahu dengan keberadaan onderdil Harley Davidson dan sepeda Brompton dalam pesawat yang dia bawa.

Lalu apa komentar mantan pilot Garuda yang telah berkarier selama 40 tahun, Darwis Panjaitan?

Darwis memaparkan kepada jpnn.com mengenai prosedur singkat sebelum pilot menerbangkan sebuah pesawat.

Menurutnya, seorang kapten (pilot) akan menerima sejumlah catatan sebelum menerbangkan pesawat. Catatan memuat hal-hal terkait pesawat dan kargo yang akan dibawa.

Jika ada barang yang membahayakan atau di luar bagasi normal, maka akan ditindaklanjuti secara prosedur tersendiri.

"Kemudian, kalau ada barang seperti kejadian kemarin (ada onderdil Harley dan sepeda Brompton). Itu kan di luar normal, karena penerbangan khusus dari pabrik ke customer. Seorang pilot harus dikasih tahu (apa saja yang dibawa)," ujar Darwis kepada jpnn.com, Kamis (12/12)

Menurut pria berdarah Batak yang kini berprofesi sebagai instruktur di Bali International Flight Akademi ini, pilot akan mengetahui apakah barang yang dibawa melanggar aturan atau tidak dari catatan yang diterima. Misalnya, aturan terkait kepabeanan, keamanan dan lain-lain.

"Karena bukan penerbangan normal (flight clearance) boleh-boleh saja seorang direktur utama menyatakan barang yang ikut diangkut menjadi tanggung jawabnya, tetapi sebagai kapten, seharusnya meminta surat pertanggung jawaban. Kalau cuma lisan, sulit dipertanggungjawabkan. Bisa saja saja muncul kecurigaan dia (yang membawa) ikut terlibat," pungkas Darwis.(gir/jpnn)

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...