Ikan Terdampar di Pantai Mutiara, Bakal Ada Gempa?

Ikan Terdampar di Pantai Mutiara, Bakal Ada Gempa?
Tangkapan layar terdamparnya ikan-ikan kecil yang dibagikan seorang warga di media sosial pada Rabu (30/11/2022). (ANTARA/Hreeloita Dharma Shanti)

jpnn.com, JAKARTA - Masyarakat dihebohkan dengan video ikan kecil terdampar di pesisir Pantai Mutiara, Jakarta Utara.

Badan Meteorologi, Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memberi penjelasan.

Menurut Kepala Pusat Meteorologi Maritim BMKG Eko Prasetyo, ikan-ikan itu akibat dari dorongan angin laut dan bukan tanda terjadinya gempa.

“Banyak faktor, di antaranya kesuburan perairan, angin dan arus laut. Tidak ada hubungannya dengan akan terjadinya gempa, ya,” kata Eko Prasetyo saat dikonfirmasi melalui telepon di Jakarta, Rabu.

Dia menyatakan bahwa secara tak kasat mata, angin laut telah mendorong ikan-ikan kecil tersebut mengikuti arus hingga terdampar di pesisir pantai.

Masyarakat diimbau untuk tidak panik karena fenomena itu dapat terjadi pula pada ikan-ikan yang lebih besar seperti paus ataupun lumba-lumba.

Sebab, terdapat kemungkinan bahwa dorongan angin yang membawa ikan-ikan kecil menarik perhatian ikan yang lebih besar untuk mencari makanan sesuai dengan rantai makanannya.

“Otomatis ikan kecil tadi juga diikuti ikan ikan besar sebagai rantai makanannya,” katanya.

Masyarakat dihebohkan dengan video ikan terdampar di pesisir Pantai Mutiara, Jakarta Utara. BMKG imbau masyarakat jangan panik soal info gempa.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News