JPNN.com

Ikhtiar Ilham Bintang Kumpulkan Ribuan Alumni Nakasone Programme

Minggu, 24 November 2019 – 02:10 WIB
Ikhtiar Ilham Bintang Kumpulkan Ribuan Alumni Nakasone Programme - JPNN.com
Menko Perekonimian Airlangga Hartarto dan wartawan senior Ilham Bintang. Airlangga dan Ilham merupakan peserta Nakasone Program Angkatan II Tahun 1985. Foto: dokumentasi pribadi Ilham Bintang

jpnn.com, JAKARTA - Wartawan senior Ilham Bintang sedang berupaya mengumpulkan alumni Program Persahabatan Indonesia - Jepang. Program kerja sama yang dikenal dengan sebutan Nakasone Programme itu telah menghasilkan ribuan lulusan.

Ilham akan mengumpulkan alumni Nakasone Program untuk menggelar musyawarah nasional (munas). Rencananya, Munas Alumni Nakasone Programme akan digelar pada 14 Desember 2019 di Jakarta.

“Munas menjadi entry point untuk mengumpulkan alumni yang berserakan itu. Setelah itu mereka akan menyusun program kerja untuk membantu pemberdayaan masyarakat sesuai kompetensinya masing-masing,” ujar Ilham melalui layanan pesan, Sabtu (23/11).

Tokoh yang dikenal sebagai Raja Infotainment itu menyebut upaya mengumpulkan para alumni Nakasone Programme bukan hal mudah. Menurutnya, basis data tentang peserta Nakasone Programme hanya ada di The Japan International Cooperation Agency (JICA).

Lembaga pemerintah Jepang itulah yang mengatur keberangkatan pemuda dan pemudi Indonesia menimba ilmu di Negeri Sakura. “Ini bukan pekerjaan mudah, jumlahnya empat ribu orang,” tutur Ilham yang ikut Nakasone Programme angkatan kedua 1985.

Sejumlah nama kondang pun menjadi peserta Nakasone Programme. Saat ini saja ada dua lulusan Nakasone Programme yang menjadi menteri di Kabinet Indonesia Maju, yakni Airlangga Hartarto dan Tjahjo Kumolo.

Ilham mengaku satu angkatan dengan Airlangga ketika mengikuti Nakasonne Programme. Adapun Tjahjo menjadi peserta Nakasone Programme angkatan pertama 1984.

Nakasone Programme merupakan program yang digagas pemerintah Jepang pada era Perdana Menteri Yasuhiro Nakasone. Program yang dimulai pada 1984 itu masih berlangsung hingga saat ini dengan berbagai penyempurnaan.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
ara