Ikhtiar Irjen Iqbal Tangani Karhutla: Demi Riau Bebas Asap dan Langit Biru

Ikhtiar Irjen Iqbal Tangani Karhutla: Demi Riau Bebas Asap dan Langit Biru
Kapolda Riau Irjen Mohammad Iqbal. Foto: Bid Humas Polda Riau

jpnn.com, RIAU - Kapolda Riau Irjen Mohammad Iqbal memastikan penanggulangan kebakaran hutan dan lahan(karhutla) menjadi agenda utama. Iqbal menginginkan Riau bebas dari asap dan langit membiru.

"Komitmen kami jelas, Riau harus bebas bencana asap. Mari lanjutkan kesuksesan dalam menangani karhutla, dengan bahu membahu dan saling bekerja sama. Kuncinya, titik api sekecil apa pun harus cepat dideteksi dan dipadamkan," kata Iqbal dalam keterangannya, Jumat (23/7).

Dia menyampaikan pihaknya memiliki langkah pencegahan, penindakan, hingga pendidikan untuk menjaga lingkungan.

Iqbal menerangkan aplikasi dashboard Lancang Kuning merupakan langkah pencegahan yang bisa memantau keberadaan titik api dan panas di Riau.

"‎Meskipun tidak real time, tetapi kami bisa melihat potensi hotspot dan firespot yang bisa kami tanggulangi sebelum kebakaran meluas dan tidak terkendali," papar Irjen Iqbal.

Tak hanya itu, masih terkait upaya pencegahan, jajaran Polda Riau turut menggalang partisipasi masyarakat dengan membuat program Kampung Bebas Api.

Setiap Polres dan Polsek di masing-masing wilayah, juga mengedepankan sosialisasi kepada masyarakat akan ancaman bahaya karhutla.

Jenderal jebolan Akpol 1991 itu mengingatkan semua pihak hendaknya tidak lengah dalam mengantisipasi meluasnya karhutla di Riau.

Kapolda Riau memiliki langkah pencegahan, penindakan, hingga pendidikan untuk mencegah karhutla.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News