Ikhtiar Menag Gus Yaqut Agar Warga Indonesia Bisa Pergi Haji dan Umrah Tahun Ini

Selasa, 19 Januari 2021 – 17:47 WIB
Ikhtiar Menag Gus Yaqut Agar Warga Indonesia Bisa Pergi Haji dan Umrah Tahun Ini - JPNN.com
Menteri Agama Yaqut Cholil Qoumas atau yang akrab disapa Gus Yaqut. Foto: Dok. GP Ansor

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Agama (Menag) Yaqut Cholil Qoumas mengatakan pihaknya sudah melakukan mitigasi penyelenggaraan ibadah haji 1442 Hijriah/2021 Masehi.

Yaqut mengatakan beberapa hal yang sudah dilakukan antara lain koordinasi dengan Arab Saudi untuk memperoleh informasi tentang kebijakan penyelenggaraan dan kuota haji Indonesia.

Kementerian Agama (Kemenag) juga telah membentuk tim Manajemen Krisis Haji 2021 yang sudah mulai aktif bekerja pagi tadi. Tim ini akan menganalisis dan merumuskan skema serta mitigasi haji.

"Pagi tadi sudah saya resmikan," tegas Yaqut saat rapat kerja dengan Komisi VIII DPR di Kompleks Parlemen, Jakarta, Selasa (19/1).

Dalam rapat yang dipimpin Wakil Ketua Komisi VIII DPR Ace Hasan Syadzily, itu Yaqut menambahkan Kemenag telah melakukan koordinasi dengan Kementerian Kesehatan (Kemenkes).

Bahkan, Kemenag sudah mengirim surat kepada Kemenkes pada 5 Januari 2021 terkait istithaah kesehatan, prioritas vaksinasi Covid-19 bagi jemaah haji dan umrah, serta petugas haji. Serta jenis vaksin untuk jemaah haji dan umrah, maupun petugas haji.

Terkait jumlah vaksinasi, Yaqut berharap Kemenkes nanti dapat memberikan alokasi dua kali pemberian vaksin untuk  257.540 orang.

Dia memerinci alokasinya adalah jemaah haji reguler dan khusus 221 ribu orang, petugas kelompok terbang (kloter) dan non-kloter 4200, petugas haji di seluruh Indonesia 3400 orang, pemimbing haji 18 ribu orang, dan panitia dan pembimbing manasik 10.940 orang.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...