IKN Dinilai Bakal Memberikan Efek Besar di Sektor Logistik

IKN Dinilai Bakal Memberikan Efek Besar di Sektor Logistik
Beginilah penampakan Ibu kota Nusantara nantinya bila semua sudah selesai. (Foto: IKN)

jpnn.com, JAKARTA - Direktur PT Mitra Investindo Tbk (MITI) Bambang Ediyanto mengatakan kehadiran Ibu kota Nusantara (IKN) memberikan titik pemusatan baru untuk arus logistik dan barang.

Bambang menilai pembangunan IKN akan memberikan andil yang besar bagi sektor logistik pelabuhan di masa depan.

“Potensinya tentu besar. Karena statusnya sebagai ibu kota. Jika berjalan on the track maka pemusatan arus barang tidak hanya berada di pelabuhan besar yang ada saat ini seperti di Pulau Jawa Sumatera dan Sulawesi,” ujar Bambang, Selasa (28/11).

Perusahaan pelayaran dan logistik saat ini siap berekspansi ke IKN.

“Semua akan fokus di Balikpapan, kami di MITI juga akan menerapkan full logistik yang saat ini sedang kami siapkan. Misalnya untuk tracking pergudangan, shipping line, kontainer dan lainnya,” ungkapnya.

Bambang optimistis Balikpapan punya potensi besar karena perannya sebagai Ibu kota negara.

MITI juga siap berkomitmen penuh untuk berperan aktif dalam memperkuat pertumbuhan ekonomi Indonesia melalui penguatan kinerja pada penyediaan layanan perkapalan dan logistik yang terus berkembang dan terintegrasi, khususnya dalam mendukung persiapan IKN.

“Kita tahu pengelolaan logistik itu punya peran penting dalam perkembangan perekonomian suatu negara. Harapannya pengelolaan logistik efisien akan menekan biaya tinggi sehingga harga jual juga bisa lebih bersaing,” serunya.

Tingginya permintaan pengangkutan bahan-bahan infrastruktur yang berada di IKN Kalimantan Timur menjadi salah satu pendorong meningkatnya investasi sektor ini.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News