IKN Pindah, Jakarta jadi Kota Bisnis, Tetap Bangun Infrastruktur Ikonis

IKN Pindah, Jakarta jadi Kota Bisnis, Tetap Bangun Infrastruktur Ikonis
Kawasan pedestrian di dekat perkantoran di Jalan Sudirman, Jakarta, Sabtu (25/12/2021) ANTARA/Dewa Ketut Sudiarta Wiguna

jpnn.com, JAKARTA - Pemerintah Provinsi DKI Jakarta akan terus membangun infrastruktur ikonis meskipun ibu kota negara (IKN) dipindahkan ke Kalimantan Timur.

Infrastrukur ikonis itu di antaranya ialah jembatan penyeberangan orang (JPO) hingga fasilitas publik untuk masyarakat berinteraksi. 

“Kita (Jakarta) akan menjadi kota bisnis, service city, sehingga menjadi destinasi masyarakat urban. Jadi, begitu masuk, punya pengalaman baru,” kata Kepala Dinas Bina Marga DKI Hari Nugroho dalam seminar menata Jakarta setelah IKN pindah di Jakarta, Jumat (4/2).

Dia menjelaskan JPO menjadi salah satu infrastruktur yang dibuat ikonis dengan mengakomodasi kebutuhan masyarakat, di antaranya penggemar sepeda hingga warga disabilitas dan lanjut usia (lansia).

Selain itu, lanjut dia, JPO juga menyediakan tempat interaksi masyarakat sebagai bagian ruang ketiga, setelah ruang pertama di rumah dan ruang kedua di tempat kerja.

Hari menjelaskan salah satu JPO ikonis yang mengakomodasi kebutuhan masyarakat itu ialah JPO Phinisi di Karet Sudirman, Jakarta Selatan.

“Sehingga walau bukan IKN, tetap menjadi tempat yang disenangi karena ada ruang ketiga yang banyak,” imbuhnya.

Sementara itu, lanjut dia, arah kebijakan penataan Jakarta, salah satunya untuk pejalan kaki melalui revitalisasi trotoar. 

Pemprov DKI Jakarta akan terus membangun infrastruktur ikonis meskipun ibu kota negara (IKN) dipindahkan ke Kalimantan Timur. Jakarta akan menjadi kota bisnis.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News