Ilham Arief Sirajuddin Banyak Beribadah Usai Menjabat

Ilham Arief Sirajuddin Banyak Beribadah Usai Menjabat
Ilham Arief Sirajuddin Banyak Beribadah Usai Menjabat. Getty Images

jpnn.com - Setelah tidak lagi menjabat wali kota, Ilham saat ini lebih banyak menikmati waktu bersama keluarga. Ia juga semakin rajin berolahraga.   

Usai menyerahkan jabatannya kepada Danny Pomanto, 8 Mei lalu, kini ia sudah mulai jarang muncul di depan publik. Namun bukan berarti dia "mengasingkan" diri. Sebagai pimpinan partai, tugas-tugas teknis lebih banyak dilaksanakan oleh pengurus lainnya, ia hanya mengorganisasi.
    
"Bedanya dahulu dengan sekarang, kalau sekarang lebih banyak waktu dekat dengan keluarga. Dahulu sangat sedikit," ujar Ilham kepada FAJAR (Grup JPNN.com).
    
Ilham tak memungkiri, ada kasus hukum yang sedang dihadapinya. Namun itu bukan kendala baginya untuk tetap menjalankan aktivitasnya selama ini. Terutama urusan olahraga dan keluarga, termasuk partainya. Kendatipun untuk urusan partai ini, Ilham sifatnya mengoordinasi saja.
    
Dalam beberapa perjumpaan penulis dengan Ilham, terlihat ia tak begitu ingin tampil dan terlihat. Untuk wawancara, apalagi yang terkait dengan Pemilihan Presiden (Pilpres), Ilham lebih banyak berbicara off the record dan menyerahkan kepada pengurus lain untuk menjadi narasumber.
    
Ilham juga masih sering ke warung kopi, terutama di Warkop Bro Aco. Di sana dia sering berdiskusi dengan relasi dan rekan-rekannya. Terakhir, Ilham juga masih sempat hadir di rumah jabatan Wali Kota Makassar di Jalan Penghibur memenuhi undangan silaturahmi. "Yang terakhir, (saya) juga punya banyak waktu untuk ibadah," imbuhnya.
    
Khusus untuk olahraga, Ilham mengaku senang karena punya waktu yang lebih lowong. Ada dua jenis olahraga yang paling digandrungi, yakni olahraga sepeda dan jogging. Untuk sepeda, hal ini merupakan rutinitasnya setiap hari, termasuk saat masih menjabat wali kota.
    
Menurutnya, saat masih wali kota, waktu olahraganya hanya kisaran satu jam per hari. Aktivitas olahraganya itu dimulai setiap pukul 05.30 Wita setiap kali usai melaksanakan salat subuh. Namun kerap olahraganya dilakukan buru-buru, akibat banyaknya acara yang harus dihadiri mulai pagi hingga malam.
    
"Olahraga pagi semakin banyak waktu. Dahulu kan selalu diburu-buru kegiatan. Olahraganya hanya satu jam saja. Sekarang sudah bisa sampai dua jam, bahkan bisa sampai jam 09.00," katanya.
    
Bagaimana dengan rencana tinggal di Jakarta" Ilham menegaskan akan tetap tinggal di Makassar. Belum ada rencana ke Jakarta kendati istrinya, Aliyah Mustika, terpilih menjadi salah satu anggota legislatif yang akan berkantor di Senayan mulai September nanti.
    
"Belum, belum ada rencana ke Jakarta. Saya akan menjadi warga Makassar yang baik," katanya bercanda. (jpnn)


Setelah tidak lagi menjabat wali kota, Ilham saat ini lebih banyak menikmati waktu bersama keluarga. Ia juga semakin rajin berolahraga.   


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News