Ilmu dari Brazil

Ilmu dari Brazil
Rahmad Darmawan. Foto: Hendra Eka
BERGURU ilmu sepak bola ke Brazil menjadi pengalaman tidak terlupakan bagi Rahmad Darmawan. Betapa tidak, Brazil adalah negara paling sukses di Piala Dunia dengan lima kali juara. Nah, pada 27 Maret sampai 7 April lalu, Rahmad mendapat kesempatan menimba ilmu di klub Mogi Mirim dari Divisi I State Sao Paolo.

Selama 12 hari di Negeri Samba, pelatih yang akrab disapa RD itu benar-benar bebas menimba ilmu. Dia bahkan diberi kesempatan memegang tim saat bergulirnya Campeonato Paulista. "Sayang, kesempatan yang itu tidak bisa saya ambil karena jadwalnya berbenturan dengan di sini," ujar Rahmad, 45, yang kini menangani Pelita Jaya Purwakarta.

Kesempatan itu tidak datang dengan sendirinya. Rahmad mendapatkannya setelah melakukan korespondensi dengan klub di Brazil. Begitu proyek tersebut oke, dia tidak menyia-nyiakan.

Rahmad menyatakan terkesan dengan disiplin anak-anak muda Brazil. Meski di bawah terik matahari, mereka tetap berlatih dengan penuh semangat. Tidak ada yang mengeluh atau malas-malasan.

BERGURU ilmu sepak bola ke Brazil menjadi pengalaman tidak terlupakan bagi Rahmad Darmawan. Betapa tidak, Brazil adalah negara paling sukses di Piala

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News