Ilmuwan: Daur Ulang Air Limbah Atasi Konflik Air Bersih

Ilmuwan: Daur Ulang Air Limbah Atasi Konflik Air Bersih
Ilmuwan: Daur Ulang Air Limbah Atasi Konflik Air Bersih
CALIFORNIA - Air sangat penting bagi kehidupan, bahkan begitu pentingnya para ilmuwan menyimpulkan keberadaan air identik dengan adanya kehidupan. Karenanya, di bumi sendiri air  menimbulkan konflik di banyak wilayah.

Banyak negara, misalnya, yang mengambil air dan hal ini menimbulkan perseteruan mengenai berapa banyak air yang harus diambil masing-masing negara. Karenanya, para peneliti menilai daur ulang air limbah dan buangan adalah sesuatu tak bisa lagi ditunda karena dunia sudah sangat kekurangan air.

Hal ini sejalan dengen pertumbuhan penduduk dunia tumbuh dengan cepat dan diperkirakan akan mencapai 9 miliar pada 2050. Sementara banyak usaha dilakukan untuk menjamin tersedianya cukup pangan namun ironisnya ketersediaan air mungkin tidak akan mencukupi.

"Miliaran orang saat ini tidak memiliki persediaan air yang cukup. Jumlah itu akan terus meningkat, ujarnya, kecuali ada sesuatu yang dilakukan segera," ujar Profesor Stanley Grant peneliti dari departemen teknik lingkungan di University of California seperti dilansir VOA (13/8).

CALIFORNIA - Air sangat penting bagi kehidupan, bahkan begitu pentingnya para ilmuwan menyimpulkan keberadaan air identik dengan adanya kehidupan.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News