Ilmuwan Jepang Abadikan Gurita Laut Raksasa

Ilmuwan Jepang Abadikan Gurita Laut Raksasa
RAKSASA: Gurita raksasa yang berhasil diabadikan ilmuwan jepang. FOTO: Ist
TOKYO - Sejumlah tim ilmuwan di Jepang berhasil mengabadikan gurita laut raksasa di laut dalam. Ini merupakan keberhasilan pertama kali di dunia atas gambar hidup makhluk tersebut.

Gambar dari cephalopod sepanjang tiga meter (10 kaki) berwarna keperakan, menjulang keluar dari kegelapan hampir 1 km di bawah permukaan laut di dekat Kepulauan Ogasawara, 1.000 km  selatan Tokyo. Temuan tersebut menarik karena makhluk misterius legendaris di laut dalam ini di duga turut mengilhami mitos ' "kraken '', dalam film " class of the titans".

Menurut laman Voanews (8/1), meskipun binatang itu lebih kecil dari cumi-cumi terbesar yang pernah tertangkap ditemukan dengan tentakel membentang 18 meter panjangnya. Namun, dokumentasi yang dilakukan di habitat aslinya sebuah langkah penting menuju pemahaman hewan itu.

"Banyak orang telah mencoba untuk menangkap gambar cumi raksasa yang hidup di habitat aslinya, apakah peneliti atau kru film. Tapi mereka semua gagal,'' kata Tsunemi Kubodera, zoologi di Jepang dari Museum Nasional Alam dan Ilmu Pengetahuan Jepang yang memimpin tim tersebut.

TOKYO - Sejumlah tim ilmuwan di Jepang berhasil mengabadikan gurita laut raksasa di laut dalam. Ini merupakan keberhasilan pertama kali di dunia

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News