Tukar 48 Warga Iran dengan 2.310 Tawanan Assad

Tukar 48 Warga Iran dengan 2.310 Tawanan Assad
Tukar 48 Warga Iran dengan 2.310 Tawanan Assad
DAMASKUS - Oposisi Syria membebaskan 48 warga Iran yang mereka tawan sejak awal Agustus tahun lalu. Kemarin (9/1) Free Syrian Army atau FSA (kubu oposisi bersenjata) menukarkan kebebasan 48 peziarah Syiah itu dengan 2.310 tawanan pemerintahan Presiden Bashar al-Assad. Selain warga Syria, tawanan pemerintah itu berasal dari Turki dan sejumlah negara lain.   

"Ini adalah hasil diplomasi sipil yang kami lakukan berbulan-bulan," kata Serkan Nergis, jubir Humanitarian Relief Foundation (IHH), organisasi amal asal Turki yang terlibat dalam negosiasi.

Selain oposisi Syria dan IHH, Iran juga terlibat aktif dalam negosiasi. Pertukaran tawanan itu kali pertama sejak Syria jatuh ke dalam krisis pada Maret 2011.

Jubir FSA Ahmed al-Khatib membenarkan pertukaran tawanan itu. Begitu bebas, para tawanan langsung menuju bus-bus yang sudah dipersiapkan untuk selanjutnya pulang ke negara asal masing-masing. Selain dibantu Turki dan Iran, kata Khatib, pertukaran tawanan itu terwujud berkat bantuan Qatar. Beberapa tawanan yang bebas berdasar kesepakatan pertukaran tersebut juga berasal dari Qatar.

DAMASKUS - Oposisi Syria membebaskan 48 warga Iran yang mereka tawan sejak awal Agustus tahun lalu. Kemarin (9/1) Free Syrian Army atau FSA (kubu

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News