Xi Jinping Turun Gunung, China Siap Membereskan Konflik di Timur Tengah

Xi Jinping Turun Gunung, China Siap Membereskan Konflik di Timur Tengah
Presiden Tiongkok Xi Jinping. Foto: Reuters

jpnn.com, BEIJING - Presiden China Xi Jinping dijadwalkan bertemu dengan empat kepala negara dari kawasan Arab untuk membahas sejumlah isu di Timur Tengah.

Pertemuan itu akan dilangsungkan di sela-sela Konferensi Tingkat Menteri Forum Kerja Sama ke-10 China-Negara Arab di Beijing pada 30 Mei 2024.

"Presiden Xi Jinping dan empat kepala negara Arab akan menghadiri upacara pembukaan.. Presiden Xi akan menyampaikan pidato utama," kata Wakil Menteri Luar Negeri Deng Li dalam konferensi pers di Beijing, China pada Senin.

Keempat kepala negara itu adalah Raja Bahrain Hamad bin Isa bin Salman Al Khalifa, Presiden Mesir Abdel Fattah El-Sisi, Presiden Tunisia Kais Saied, Presiden Uni Emirat Arab (UAE) Sheikh Mohamed bin Zayed Al Nahyan.

Mengenai konflik yang sedang berlangsung di Gaza, Deng mengatakan China menekankan dua tujuan, yaitu jangka panjang dan jangka pendek.

Tujuan jangka pendek berkaitan dengan gencatan senjata berdasarkan Resolusi DK PBB, upaya memastikan bantuan kemanusiaan tercukupi, dan penghentian pemindahan paksa warga sipil Palestina.

Untuk tujuan jangka panjang, China menekankan upaya untuk mewujudkan impian negara Palestina yang merdeka dalam kerangka solusi dua-negara bagi konflik Israel-Palestina.

"Kami akan bekerja dengan tekad yang lebih besar untuk menerapkan solusi dua-negara demi perdamaian dan keamanan abadi di Timur Tengah," kata Deng.

Pertemuan itu akan dilangsungkan di sela-sela Konferensi Tingkat Menteri Forum Kerja Sama ke-10 China-Negara Arab di Beijing pada 30 Mei 2024

Sumber ANTARA

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News