Ilmuwan Kembangkan Sumber Listrik Hidrogen

Ilmuwan Kembangkan Sumber Listrik Hidrogen
Ilmuwan Kembangkan Sumber Listrik Hidrogen
GLASGOW - Sejumlah ilmuwan tengah memanfaatkan prinsip-prinsip fotosintesis untuk mengembangkan cara baru guna memproduksi hidrogen dalam mengatasi masalah ketersediaan energi global yang bersih. Apalagi, hidrogen merupakan elemen yang paling berlimpah di planet ini.

Para peneliti mengklaim, hal itu bisa membantu membuka potensi hidrogen sebagai sumber listrik yang bersih, murah dan dapat diandalkan. Tidak seperti bahan bakar fosil, hidrogen dapat dibakar untuk menghasilkan energi tanpa menghasilkan emisi.

Gas hidrogen dihasilkan oleh pemisahan air menjadi elemen-elemen penyusunnya hidrogen dan oksigen. Tetapi para ilmuwan telah berjuang selama beberapa dekade untuk menemukan cara penggalian unsur-unsur pada waktu berbeda, yang akan membuat proses lebih hemat energi dan mengurangi risiko ledakan berbahaya.

Menurut laman independent (15/4), dalam sebuah makalah yang diterbitkan hari ini di journal Nature Chemistry, ilmuwan University Glasgow mempublikasikan keberhasilannya meniru cara tanaman menggunakan energi matahari untuk memecah molekul air menjadi hidrogen dan oksigen pada waktu dan lokasi fisik yang terpisah.

GLASGOW - Sejumlah ilmuwan tengah memanfaatkan prinsip-prinsip fotosintesis untuk mengembangkan cara baru guna memproduksi hidrogen dalam mengatasi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News