Ilmuwan Rancang Chips untuk Tekan Nafsu Makan

Ilmuwan Rancang Chips untuk Tekan Nafsu Makan
Ilmuwan Rancang Chips untuk Tekan Nafsu Makan
LONDON - Para ilmuwan Inggris berhasil merancang sebuah microchip cerdas yang diklaim dapat menekan nafsu makan. Chip ini melekat pada syaraf vagus yang memainkan peran dalam nafsu makan serta sejumlah fungsi lainnya dalam tubuh.

Melalui chip cerdas ini, para ahli terapi bisa memberikan alternatif yang lebih efektif untuk operasi penurunan berat badan. Pada tahap pertama, percobaan akan dilakukan pada binatang. Sementara untuk manusia, baru bisa dimulai tiga tahun mendatang.

"Chip ini akan memberitahu otak agar tidak makan lagi karena usus penuh dengan makanan dan Anda tidak perlu makan lagi," ujar Prof Chris Toumazou yang memimpin tim peneliti seperti dilansir BBC (28/3).

Tekhnologi chip 'modulator implan cerdas' dengan ukuran hanya beberapa milimeter dan menggunakan lengan elektroda itu terpasang ke saraf vagus dalam rongga peritoneal di dalam perut. Chip dan lengan elektroda dirancang untuk membaca dan memproses impuls listrik dan kimia nafsu makan dalam saraf.

LONDON - Para ilmuwan Inggris berhasil merancang sebuah microchip cerdas yang diklaim dapat menekan nafsu makan. Chip ini melekat pada syaraf vagus

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News