Ilmuwan Temukan Mamalia Baru Mirip Kucing dan Beruang

Ilmuwan Temukan Mamalia Baru Mirip Kucing dan Beruang
Mamalia baru yang disebut olingoito yang banyak ditemukan di pegunungan Andes Amerika Selatan. FOTO: Mark Gurney

jpnn.com - CALIFORNIA - Para ahli biologi menemukan spesies mamalia baru di pegunungan Andes. Ini penemuan pertama pada jenisnya dalam 30 tahun terakhir.

Spesies baru yang dinamai olinguito ini, memiliki bobot satu kilogram, bermata besar dan berbulu cokelat oranye, menyerupai kucing dan boneka beruang.

Para ilmuwan dari Smithsonian Institution, AS, seperti dilansir voanews (15/8) menyatakan  mereka menemukan spesies karnivora baru tersebut di hutan-hutan pegunungan Andes  Amerika Selatan.

Makhluk yang tinggal di hutan-hutan Kolombia dan Ekuador itu memiliki akar keluarga yang sama dengan rakun dan kinkajou.

Olinguito tidak asing di mata penduduk, lokal, namun salah diidentifikasi.  Selama lebih dari 100 tahun hewan itu dianggap sebagai olingo yang bentuknya serupa namun lebih besar.

Hingga sebuah tim peneliti yang mempelajari spesimen olingo di museum-museum melihat ada perbedaan dalam bentuk dan ukuran kepala serta gigi, mendorong misi untuk menentukan apakah binatang ini sebelumnya sudah pernah diidentifikasi.

Seorang ahli zoologi di Ekuador telah membuat video beberapa detik yang memperlihatkan seekor olinguito dan mengkonfirmasi keberadaannya.

Namun keberadannya kini terancam kehadiran manusia yang telah melanggar batas habitat olinguito di hutan Andes. (esy/jpnn)

CALIFORNIA - Para ahli biologi menemukan spesies mamalia baru di pegunungan Andes. Ini penemuan pertama pada jenisnya dalam 30 tahun terakhir. Spesies

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News