Imam Besar Al-Azhar Mesir Meminta Megawati Mewakili Muslim untuk Urusan Zayed Award

Imam Besar Al-Azhar Mesir Meminta Megawati Mewakili Muslim untuk Urusan Zayed Award
Presiden Kelima RI sekaligus Ketua Umum DPP PDI Perjuangan (PDIP) Prof. Dr. (HC) Megawati Soekarnoputri dan Pemimpin Gereja Katolik Paus Fransiskus. Foto: source for JPNN

jpnn.com, ROMA - Duta Besar Indonesia untuk Tunisia Zuhairi Misrawi mengungkapkan latar belakang Presiden Kelima RI Megawati Soekarnoputeri menjadi juri Zayed Award for Human Fraternity.

Zuhairi mengatakan Megawati diusulkan Imam Besar Al-Azhar Grand Syekh Ahmed Tayyeb untuk mewakili dari kalangan muslim.

Demikian disampaikan Duta Besar Indonesia untuk Tunisia yang mendampingi Megawati selama proses rapat-rapat Dewan Juri Zayed Award, Zuhairi Misrawi di Roma, Italia, Rabu (20/12).

Zuhairi yang akrab disapa Gus Mis lalu mengutip pernyataan Sekjen Zayed Award for Human Fraternity Mohamed Abdelsalam, yang menyebut Imam Besar Al-Azhar mengakui peran dan jasa besar Megawati.

"Imam Besar Al-Azhar memandang Ibu Megawati Soekarnoputeri sebagai sosok yang berjasa besar dalam memperjuangkan kaum perempuan, memimpin negara besar dengan mayoritas penduduknya Muslim. Sebab itu, Imam Besar Al-Azhar menunjuk Ibu Megawati Soekarnoputeri untuk mewakili kalangan Muslim dalam Zayed Award for Human Fraternity pada tahun ini," ujar Zuhairi Misrawi dalam siaran pers yang diterima, Rabu (20/12).

Zuhairi memaparkan Zayed Award for Human Fraternity merupakan inisiatif dari Paus Fransiskus dan Imam Besar Al-Azhar Grand Syekh Ahmed Tayyeb.

Di Roma, selain melakukan penjurian sejak 16 hingga 19 Desember, Megawati dan para dewan juri melakukan pertemuan dengan Paus Fransiskus dalam rangka menyampaikan proses penjurian dan pemilihan nominasi para penerima Zayed Award for Human Fraternity.

"Selain bertemu dengan Paus Fransiskus, Ibu Megawati Soekarnoputeri dan para dewan juri juga direncanakan untuk melakukan pertemuan dengan Imam Besar Al-Azhar.Grand Syekh Ahmed Tayeb sebagai salah satu inisiator Zayed Award for Human Fraternity," lanjut Zuhairi.

Zuhairi mengatakan Megawati diusulkan Imam Besar Al-Azhar Grand Syekh Ahmed Tayyeb untuk mewakili dari kalangan muslim.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News