Imbauan Kapolri untuk Para Pemudik: Manfaatkan Waktu di Rest Area Sebaik Mungkin

Imbauan Kapolri untuk Para Pemudik: Manfaatkan Waktu di Rest Area Sebaik Mungkin
Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo ketika melakukan kunjungan di Gerbang Tol Kalikangkung, Semarang, Jawa Tengah, Selasa (18/4/2023). (ANTARA/Hreeloita Dharma Shanti)

jpnn.com - SEMARANG - Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo melakukan kunjungan di Gerbang Tol Kalikangkung, Semarang, Jawa Tengah, Selasa (18/4).

Dalam kesempatan itu, Kapolri mengimbau seluruh pemudik yang menggunakan ruas jalur tol memanfaatkan waktu di rest area sebaik mungkin, supaya tidak terjadi penumpukan kendaraan di satu titik.

“Risiko terjadinya kecelakaan lalu lintas sangat tinggi, sehingga manfaatkan rest area atau jalur-jalur exit di luar tol yang memang disiapkan,” kata Kapolri Jenderal Listyo.

Jenderal bintang empat itu menuturkan rest ares yang menjadi salah satu tempat tujuan pemudik untuk singgah jumlahnya bisa dibilang cukup terbatas.

Oleh karena itu, dia mengimbau masyarakat supaya bijak menggunakan rest area sesuai dengan keperluannya dan tidak menetap dalam waktu yang lama supaya tak terjadi penumpukan kendaraan.

Kalaupun masih merasa lelah, Kapolri mengatakan pemudik bisa memanfaatkan ruang istirahat yang disediakan oleh pihak kepolisian atau pihak lainnya.

Opsi lain adalah keluar sebentar dari gerbang tol, sehingga bisa beristirahat dengan lebih leluasa, dengan tujuan untuk mengurangi tingkat kemacetan sekaligus risiko meningkatnya kecelakaan lalu lintas.

“Ini juga perlu diinformasikan sehingga ini menjadi pilihan agar tidak ada pengguna jalan tol yang beristirahat di bahu jalan dan berdampak pada meningkatnya kemacetan atau risiko kecelakaan,” paparnya.

Kapolri mengimbau para pemudik memanfaatkan waktu di rest area dengan sebaik mungkin.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News