Imigrasi Bisa Tarik Paspor Habib Rizieq meski Berada di Luar Negeri

Imigrasi Bisa Tarik Paspor Habib Rizieq meski Berada di Luar Negeri
Habib Rizieq Shihab. Foto: dok.JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Sementara itu, Kepala Bagian Humas dan Umum Direktorat Jenderal Imigrasi (Ditjenim) Agung Sampurno menuturkan hingga sore kemarin (30/5), belum ada permintaan dari penyidik kepolisian untuk pencegahan terhadap Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab.

Setelah ada permintaan dari penyidik, Ditjenim akan segera memasukan usulan pencegahan itu ke Sistem Informasi Manajemen Keimigrasian (Simkim).

”Atas permintaan penyidik, Ditjenim dapat melakukan penarikan paspor yang bersangkutan (Habib Rizieq, red) meski berada di luar negeri,” ujar Agung kemarin (30/5).

Dia menuturkan sesuai prosedur Ditjenim akan mengirimkan surat kepada negara yang diduga menjadi tempat singgah Rizieq. Surat itu untuk memberitahukan penarikan paspor tersebut.

”Selanjutnya menunggu tindakan yang akan diambil oleh pemerintah negara tersebut kepada yang bersangkutan,” tambah pria kelahiran Malang itu.

Biasanya, orang yang telah dicabut parpornya itu akan segera dideportasi oleh negara bersangkutan. Agung menuturkan Konsulat Jenderal Republik Indonesia Jeddah akan memberikan Surat Perjalanan Laksana Paspor (SPLP) untuk pemulangan dia.

Proses serah terima akan dilakukan dibatas alat angkut dan didampingi sampai ke tanah air.

”Jika tidak ada tindakan apa-apa maka Indonesia tidak dapat berbuat apa-apa karena itu kewenangan negara tersebut,” tambah dia. (syn/sam/ jun)

Sementara itu, Kepala Bagian Humas dan Umum Direktorat Jenderal Imigrasi (Ditjenim) Agung Sampurno menuturkan hingga sore kemarin (30/5), belum ada

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News