Imlek 2023, Kelenteng Tertua di Pangkalpinang Dikunjungi Ratusan Wisatawan

Imlek 2023, Kelenteng Tertua di Pangkalpinang Dikunjungi Ratusan Wisatawan
Para pengunjung Klenteng Kwan Tie Miaw saat melakukan prosesi sembahyang Imlek 2023 di Pangkalpinang, Minggu. ANTARA (Aprionis)

jpnn.com - PANGKALPINANG - Kelenteng Kwan Tie Miaw, kelenteng tertua di Kota Pangkalpinang, Kepulauan Bangka Belitung, dikunjungi ratusan wisatawan.

Para wisatawan domestik dan mancanegara itu mengunjungi kelenteng untuk melakukan ritual sembahyang Imlek 2023.

"Sekitar 800 lebih wisatawan dari Tiongkok, Singapura, Jakarta, Sumatera Selatan, dan daerah lainnya sembahyang Imlek," kata Pengurus Kelenteng Kwan Tie Miaw Pangkalpinang A Pao di Pangkalpinang, Minggu (22/1).

Dia mengatakan wisatawan ini tidak hanya melakukan sembahyang Imlek mendoakan arwah leluhur, orang tua, dan kerabatnya tetapi juga menggali sejarah pendirian Klenteng Kwan Tie Miaw  pada 1797.

Wisatawan juga menyaksikan pergelaran kesenian barongsai, pesta kembang api, dan lainnya yang telah digelar pada Sabtu (21/1) malam, sebagai bentuk sukacita masyarakat menyambut dan merayakan Imlek tahun ini.

"Kami memperkirakan pengunjung akan terus bertambah hingga minggu depan, karena tempat ibadah ini memiliki nilai sejarah tinggi yang berkaitan langsung dengan leluhur para pengunjung ini," ungkapnya.

Dia menambahkan pelaksanaan ritual sembahyang menyambut Tahun Baru Imlek tahun ini berlangsung aman, lancar, tertib, dan meriah.

"Kami mengucapkan terima kasih kepada aparat kepolisian, TNI yang telah menjaga keamanan di sekitar klenteng, sehingga pengunjung dapat berdoa dengan aman, nyaman dan tertib," pungkasnya.

Para wisatawan domestik dan mancanegara mengunjungi Kelenteng Kwan Tie Miaw, kelenteng tertua di Pangkalpinang untuk melakukan ritual sembahyang Imlek 2023.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News