Implan Satu Batang Lebih Manjur Dibandingkan IUD

Implan Satu Batang Lebih Manjur Dibandingkan IUD
Implan Satu Batang Lebih Manjur Dibandingkan IUD
JAKARTA--Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) mulai melihat efektivitas kontrasepsi implant satu batang dibandingan IUD atau spiral. Selain lebih efektif, implant satu batang proses pemasangannya lebih mudah.

Deputi Bidang Keluarga Berencana dan Kesehatan Reproduksi BKKBN Julianto Witjaksono mengatakan, kontrasepsi berbentuk batang hanya berukuran kurang dari tiga cm ini hanya dimasukan ke dalam lapisan kulit di bagian lengan. “Ini adalah salah satu metode kontrasepsi efektif jangka panjang, implant efektif mencegah kehamilan selama kurang lebih tiga sampai lima tahun,” ungkap Julianto kepada wartawan, Selasa (18/6).

Implant sendiri adalah alat kontrasepsi yang mulai ada sejak 1967. Berbentuk seperti korek api yang di dalamnya mengandung hormone progestin. Pada 1983, implant pertama kali dipasarkan di tanah air yang terdiri dari dari enam batang.

Tahun 2000, generasi baru muncul, yakni hanya terdiri dari satu batang. Namun saat itu, harganya tergolong lebih mahal. Namun awal 2010 implan satu batang mulai dilirik karena harganya lebih terjangkau.

JAKARTA--Badan Koordinasi Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) mulai melihat efektivitas kontrasepsi implant satu batang dibandingan IUD atau spiral.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News