INACA Ajak Industri Penerbangan Ambil Langkah Taktis

INACA Ajak Industri Penerbangan Ambil Langkah Taktis
Beberapa pesawat sedang terparkir. Foto Ilustrasi/jpnn.com

jpnn.com, JAKARTA - Assosiasi Maskapai Penerbangan Nasional Indonesia (Indonesia National Air Carrier Association/INACA) menggelar Rapat Umum Anggota 2018, dengan mengangkat tema Managing The Dynamic Challenges in the (National) Aviation Industry.

INACA menyerukan agar para pelaku dan regulator industri penerbangan mengambil langkah antisipatif dalam menjamin kesinambungan bisnis usaha penerbangan.

"Menghadapi situasi menantang tersebut, baik maskapai penerbangan maupun pemerintah harus seksama mengambil langkah taktis dan antisipatif untuk menjamin sustainability bisnis usaha penerbangan," ujar Ketua INACA Ari Askhara di Hotel Borobudur, Jakarta, Kamis, (25/10). 

Ari menuturkan, dibutuhkan sinergi solid antara anggota INACA menuju operational excellence dengan komitmen masing-masing maskapai, lembaga, dan pemerintah.

Di samping itu, INACA selaku pelaku industri penerbangan Indonesia sangat dituntut untuk terus melakukan pembenahan yang menempatkan kenyamanan, keamanan, dan keselamatan penerbangan sebagai aspek yang paling utama.

"Kami berharap kegiatan ini akan menghasilkan pemikiran dan masukan-masukan yang bermanfaat dalam mengatasi periode turbulensi ini, sekaligus mempersiapkan diri menghadapi tantangan industri penerbangan nasional di masa mendatang," tutur Ari.

Menurut Ari, Indonesia saat ini menjadi negara terbesar yang menguasai pangsa pasar aviasi di ASEAN mengingat pertumbuhan industri penerbangan Indonesia selalu lebih tinggi dibandingkan pertumbuhan ekonomi nasional, yaitu sekitar 9 persen.

Kemudian, adanya sejumlah pengembangan infrastruktur bandara yang dilaksanakan pada tahun berjalan 2017-2018 tentunya juga berdampak langsung dan memiliki pengaruh positif terhadap jumlah traffic di industri penerbangan nasional.

INACA dituntut untuk terus melakukan pembenahan yang menempatkan kenyamanan, keamanan, dan keselamatan penerbangan sebagai aspek yang paling utama.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News