INACA Terus Berupaya Bangkitkan Sektor Penerbangan

INACA Terus Berupaya Bangkitkan Sektor Penerbangan
Ketua Indonesia National Air Carriers Association (INACA) Denon Prawiraatmadja. Foto Yessy Artada/jpnn.com

jpnn.com, JAKARTA - Indonesia National Air Carriers Association (INACA) hingga kini terus berupaya melakukan penjajakan ke berbagai pihak, agar anggotanya tidak menderita kerugian cukup besar dan segera bisa beroperasi normal seperti sebelum Covid-19 melanda.

Ketua Umum INACA, Denon Prawiraatmadja menuturkan pihaknya melakukan sejumlah trobosaan dan upaya-upaya agar sektor transportasi udara di Tanah Air kembali bergairah dan bangkit kembali.

“Sejak awal-awal pandemi, sekitar Agustus 2020 lalu kami secara gencar melalukan kampanye untuk membangkitkan sektor penerbangan melalui Safe Travel Campaign ke sejumlah kota seperti Bali, Yogyakarta, Medan, dan Padang bersama para maskapai anggota INACA yaitu, Garuda Indonesia, Citilink, AirAsia dan Lion Group,” kata Denon.

Kegiatan ini juga mendapatkan dukungan penuh dari stakeholder terkait, seperti Kementerian Perhubungan melalui Direktorat Jenderal Perhubungan Udara, Pengelola Bandara yaitu PT. Angkasa Pura I dan II, AirNav selaku pengelola navigasi udara, serta industri perhotelan yaitu Perhimpunan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI).

“Penerapan protokol kesehatan secara ketat oleh maskapai penerbangan dan pengelola bandara, menjadi faktor pendorong masyarakat untuk kembali bepergian. Itu yang kami kampanyekan sejak awal Covid-19,” katanya.

Tidak hanya itu, INACA juga melakukan pendekatan dan diskusi solutif kepada Pemerintah Daerah (Pemda), Pemerintah Kabupaten (Pemkab) dan Pemerintah Kota (Pemkot) agar tidak melakukan penutupan akses penerbangan bagi maskapai yang ingin melayani jasa penerbangan.

Hal ini demi kepentingan bersama sehingga aksesibilitas tetap terbuka bagi masyarakat.

“Awal pandemi ada beberapa daerah yang menutup akses udara, sehingga anggota INACA tidak bisa memberikan layanannya. Untuk ini kami melakukan pendekatan kepada para kepala daerah dan alhamdulillah mereka mengizinkan anggota kami untuk menerbangi daerah itu yang tentunya dengan melaksanakan protokol kesehatan yang sangat ketat,” katanya.

INACA melakukan pertemukan dengan sejumlah pihak dan lessor maskapai untuk membicarakan Recovery Plan Industri Penerbangan di Indonesia.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News