Inalillahi...Sutradara Top Itu Meninggal

Inalillahi...Sutradara Top Itu Meninggal
Richard Glatzer (duduk) saat menghadiri premiere Still Alice. (Wireimage)

jpnn.com - RICHARD Glatzer, 63, meninggal dunia, Selasa (11/3), akibat serangan penyakit ALS (Amyotrophic lateral sclerosis). Itu jenis penyakit yang dulu menyerang fisikawan Stephen Hawking.

Ya, Glatzer sudah empat tahun terakhir berjuang melawan penyakit tersebut. Ketika Julianne Moore menerima piala Oscar pertamanya dan mengucapkan pidato kemenangan sebagai Aktris Terbaik di Dolby Theatre, Los Angeles, pada 22 Februari lalu, Richard Glatzer tidak bisa menyaksikan secara langsung.

Dua hari sebelum itu, Glatzer dilarikan ke rumah sakit di Los Angeles karena ada masalah dengan pernapasan. Itu sebabnya dia tidak bisa menghadiri malam puncak Oscars.

Selama di rumah sakit, dia didampingi suami yang juga sutradara Still Alice, Wash Westmoreland. Film tersebut diadaptasi dari novel laris berjudul sama karya Lisa Genova.

Pasangan sutradara itu menandatangani kontrak untuk menjadi sutradara film tersebut pada 2011. Tidak lama sebelum kontrak terjadi, Glatzer mengetahui bahwa dirinya mengidap ALS. Meskipun efek penyakit tersebut sangat cepat mengenai tubuhnya, Glatzer tidak pernah melewatkan satu hari pun di lokasi syuting.

Westmoreland yang menikah dengan Glatzer pada 2013 adalah orang yang paling hancur dengan kepergian suaminya.

''Rich adalah belahan jiwa saya. Dia teman kolaborasi, sahabat, juga hidup saya. Melihatnya berjuang melawan ALS empat tahun ini, sungguh menginspirasi. Dia menghadapinya dengan berani dan ikhlas,'' ungkapnya. Meski demikian, Westmoreland bangga karena karya terakhir Glatzer sebelum meninggal dikenang dunia.

Duo sutradara bertangan dingin itu memang dikenal total dalam menggarap film-filmnya. Bahkan, di film yang juga dibintangi Kristen Stewart tersebut, mereka berdua yang menulis skenarionya.

RICHARD Glatzer, 63, meninggal dunia, Selasa (11/3), akibat serangan penyakit ALS (Amyotrophic lateral sclerosis). Itu jenis penyakit yang dulu menyerang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News