Inalum Resmi 100 Persen Milik Indonesia

Inalum Resmi 100 Persen Milik Indonesia
Inalum Resmi 100 Persen Milik Indonesia

jpnn.com - JAKARTA--PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum) kini menjadi milik Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) setelah Indonesia dan Jepang mengakhiri perjanjian pada Kamis, (31/10).

Untuk memperjelas status Inalum yang akan dikelola Kementerian BUMN, pemerintah akan mengeluarkan Peraturan Pemerintah (PP).

"PT Inalum telah secara resmi sahamnya dimiliki 100 persen oleh pemerintah Indonesia. Maka nantinya, melalui prosedur yang ada, pemerintah akan mengeluarkan PP yang memutuskan peralihan tersebut. Jadi Inalum akan menjadi BUMN atau Persero," ujar Menteri Perindustrian MS Hidayat dalam jumpa pers di Kantor Presiden, Jumat (1/11).

Hidayat menyatakan sejak 1 November 2013, seluruh Aset Inalum telah resmi menjadi milik Pemerintah Indonesia yang ditangani oleh Kementerian BUMN.

Karena itu, ia menjamin bahwa proses kerja PT Inalum tidak terganggu akibat pengalihan kepemilikan ini. PT Inalum tetap beroperasi seperti biasa dan diharapkan bisa semakin lebih baik di bawah kepemilikan Indonesia.

Menperin yakin kepemilikan ini akan membantu perekonomian Indonesia. Ia berharap Inalum milik Indonesia akan mampu meningkatkan produksi lebih dari 250 ribu ton pertahun.

"Anda bisa membayangkan akan ada pabrik smelter, penghasil aluminium pertama di Asia Tenggara dan terbesar. Semoga kinerjanya lebih ditingkatkan," kataa Hidayat. (flo/jpnn)

 


JAKARTA--PT Indonesia Asahan Aluminium (Inalum) kini menjadi milik Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) setelah Indonesia dan Jepang mengakhiri


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News