JPNN.com

Indahnya, Bunga Bangkai Kembali Mekar di Kebun Raya Bogor

Sabtu, 04 Januari 2020 – 20:20 WIB Indahnya, Bunga Bangkai Kembali Mekar di Kebun Raya Bogor - JPNN.com
Bunga bangkai kembali mekar di Kebun Raya Bogor (KRB), Sabtu (4/1). Foto: Antara

jpnn.com, BOGOR - Bunga amorphophallus titanum atau biasa disebut bunga bangkai kembali mekar di Kebun Raya Bogor (KRB), Sabtu (4/1). Ini kali kedua bunga tersebut mekar, setelah bunga tersebut pernah mekar di tahun 2011.

Kepala Pusat Penelitian Konservasi Tumbuhan dan Kebun Raya LIPI R. Hendrian mengatakan, bunga bangkai ini termasuk suku talas-talasan (Araceae) sehingga memiliki umbi. Umbinya juga berukuran raksasa dengan berat dapat mencapai 117 kilogram.

“Umbi dari individu yang akan mekar ini diperoleh dari kerjasama LIPI dengan Kebun Raya Liwa, Lampung,” ujar Hendrian dalam keterangannya.

Hendrian menjelaskan, konservasi jenis-jenis tumbuhan terancam di Indonesia akan menjadi salah satu fokus utama kegiatan penelitian LIPI di tahun ini.

“Beberapa kegiatan eksplorasi juga akan dilakukan untuk meningkatkan secara signifikan jumlah jenis tumbuhan terancam yang terkonservasi secara ex-situ di Kebun Raya Indonesia,” katanya.

Ia menambahkan, fasilitas penelitian di Kebun Raya Bogor terus dioptimalisasi dan direvitalisasi. Seperti awal tahun ini, pembangunan rumah kaca dan laboratorium anggrek segera dimulai. (adi/pojokbogor)

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...