Berita Duka: Profesor Endang Sukara Meninggal Dunia

Berita Duka: Profesor Endang Sukara Meninggal Dunia
Wakil Kepala Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) periode 2010-2012 Profesor Endang Sukara meninggal dunia di RSUD Kota Bogor, Jawa Barat, Sabtu (21/1/2023). Foto: ANTARA/HO-Humas BRIN

jpnn.com - JAKARTA - Peneliti bidang mikrobiologi Profesor Endang Sukara meninggal dunia pada Sabtu (21/1) pukul 03.20 WIB di RSUD Kota Bogor, Jawa Barat dalam usia 70 tahun.

Jenazah peneliti bidang mikrobiologi yang pernah menjabat sebagai Wakil Kepala Lembaga Ilmu Pengetahuan Indonesia (LIPI) periode 2010 - 2012 itu disemayamkan di Taman Makam Pahlawan Bodongan Bogor, Jawa Barat.

Demikian keterangan resmi dari Biro Komunikasi Publik, Umum dan Kesekretariatan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN) yang diterima Antara di Jakarta, Sabtu,

Endang Sukara merupakan Profesor Riset sekaligus Peneliti Ahli Utama bidang kajian Mikrobiologi dan Biodiversitas di Pusat Penelitian Bioteknologi LIPI.

Prof Endang lahir di Tasikmalaya, Jawa Barat, pada 19 September 1952.

Profesor Endang mendapatkan gelar sarjananya di Universitas Nasional Jakarta Indonesia dan mendapatkan gelar doktornya di University of Queensland Brisbane Australia.

Profesor Endang sangat aktif dalam melakukan penelitian sepanjang hidupnya khususnya di bidang mikrobiologi yang berkaitan dengan taksonomi mikroba, fermentasi, desain bioreaktor dan enzimologi.

Prof Endang meneliti produksi biomassa mikroba untuk starter nata de coco dalam bentuk pasta, eksplorasi mikroba endofit, fungi serta meneliti actinomycetes untuk membangun koleksi kultur mikroba sekaligus pemanfaatan kultur tersebut dalam bioprospecting.

Berita duka: Profesor Endang Sukara meninggal dunia pada Sabtu (21/1) di RSUD Kota Bogor, disemayamkan di Taman Makam Pahlawan Bodongan Bogor, Jawa Barat.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News