Indeks Integritas UN SMA 2016 Meningkat, Tanda Apa Ini?

Indeks Integritas UN SMA 2016 Meningkat, Tanda Apa Ini?
Unas. Foto: JPNN

jpnn.com - JAKARTA- Indeks Integritas Ujian Nasional (IIUN) 2016 untuk SMA dan sederajat secara umum mengalami peningkatan. Menurut Menteri Pendidikan dan Kebudayaan (Mendikbud) Anies Baswedan, rata-rata IIUN SMA tahun ini adalah 64,05. Ini lebih tinggi dari IIUN SMA tahun lalu, yaitu 61,98.

"Ada peningkatan 2,06 poin indeks integritasnya. Ini menunju‎kkan ada perubahan perilaku pada anak-anak SMA kita, bahwa praktik UN semakin baik karena dilaksanakan dengan jujur," kata Anies di Jakarta, Senin (9/5).

UN SMA dan sederajat tahun ini diikuti 19.952 sekolah‎. Sebanyak 1.297 di antaranya menggunakan UNBK (UN Berbasis Komputer). Selebihnya menggunakan UNKP (UN Kertas Pensil).

IIUN SMA rata-rata dihimpun dari seluruh sekolah yang menggunakan UNKP. Sementara itu, terjadi penurunan signifikan sekolah-sekolah yang sebelumnya menempati kuadran empat yakni nilai UN tinggi, namun IIUN rendah‎.

Pada UN 2015 sekolah yang masuk kuadran empat sebanyak 56,6 persen (7.041 sekolah). Pada UN 2016 turun signifikan menjadi 41,7 persen (4.880 sekolah).

Untuk sekolah-sekolah di kuadran dua (nilai UN rendah, namun IIUN tinggi) meningkat menjadi 8,3 persen alias 973 sekolah. "Ini menunjukkan praktik kecurangan UN yang sistemik di sekolah-sekolah menurun signifikan," tandas Anies. (esy/jpnn)



Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News