India Buka Pelatihan dan Beasiswa Buat Mahasiswa Indonesia

India Buka Pelatihan dan Beasiswa Buat Mahasiswa Indonesia
Menteri Luar Negeri Retno Marsudi. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - India menyiapkan kuota bagi pelajar Indonesia untuk ikut pelatihan dan beasiswa di sana. Mahasiswa dan mahasiswi yang tertarik bisa mendaftar.

Indonesia maupun India akan bekerja sama dalam sektor pendidikan. Ini dilakukan karena meningkatnya permintaan pengembangan keterampilan di kedua negara.

"Sebagian besar populasi di Indonesia dan India adalah anak muda. Saya sampaikan, India akan melanjutkan bantuan pengembangan keterampilan dalam bentuk program jangka pendek dan beasiswa," ujar Menteri Luar Negeri India Sushma Swaraj di Gedung Kementerian Luar Negeri, Jumat (6/1).

Terdapat 150 kuota bagi pelatihan dan beasiswa untuk pelajar Indonesia di India. Kesepakatan ini untuk memperkuat kerja sama bilateral antara Indonesia dan India.

Menteri Luar Negeri Retno Marsudi menambahkan, Indonesia juga ingin memperdalam kerja sama di bidang Teknologi Informasi Komputer (TIK) dan kesehatan khususnya Farmasi.

Kunjungan Sushma ke Indonesia untuk mengadiri Komisi Bersama Kelima antara India dan ASEAN. Kedua menteri luar negeri tersebut sama-sama memimpin Komisi Bersama Kelima pada tanggal 5-6 Januari 2018.

Selain iu acara ini berujuan unuk menegaskan kembali komitmen untuk memperdalam kemitraan dan kerja sama bilateal kedua negara. (iml/jpc)


Selain di sektor pendidikan, Indonesia juga ingin memperdalam kerja sama di bidang TIK dan kesehatan khususnya Farmasi.


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News