India Eksekusi Pelaku Teror Mumbai

India Eksekusi Pelaku Teror Mumbai
India Eksekusi Pelaku Teror Mumbai
MUMBAI – Nyawa Muhammad Ajmal Kasab akhirnya berakhir di tiang gantungan. Pria asal Pakistan yang juga Satu-satunya pelaku serangan atau teror Bom Mumbai yang masih hidup itu menjalani eksekusi mati kemarin (21/11). Dia mengembuskan napas terakhir di tiang gantungan pada pukul 07.30 waktu setempat (sekitar pukul 09.00 WIB).

R.R. Patil, menteri dalam negeri Negara Bagian Maharashtra, mengungkapkan bahwa eksekusi terhadap Kasab berlangsung di Penjara Yerwada, Kota Pune. ’’Pelaksanaan hukuman mati atas pelaku merupakan bentuk penghormatan kami kepada keluarga para korban (Bom Mumbai),’’ katanya. Sebanyak 166 orang tewas dalam teror bom selama tiga hari di kota termakmur dan terpadat di India itu pada 2008.

Kasab merupakan salah seorang di antara sepuluh pria bersenjata yang didakwa melancarkan teror Mumbai. Tapi, sembilan orang lainnya tewas dalam baku tembak dengan aparat keamanan.

Sebagai satu-satunya pelaku yang tertangkap dalam keadaan hidup, Kasab harus mempertanggungjawabkan perbuatannya. Dalam persidangan, pria 25 tahun itu juga mengakui keterlibatannya dalam rangkaian aksi menarget beberapa fasilitas publik di Kota Mumbai. Di antaranya, hotel-hotel mewah, pusat studi Yahudi, sebuah rumah sakit, dan sebuah stasiun kereta api yang ramai penumpang.

MUMBAI – Nyawa Muhammad Ajmal Kasab akhirnya berakhir di tiang gantungan. Pria asal Pakistan yang juga Satu-satunya pelaku serangan atau teror

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News