India Relakan Berlian "Raksasa" Tetap di Mahkota Ratu Inggris

India Relakan Berlian "Raksasa" Tetap di Mahkota Ratu Inggris
Berlian Koh-i-Noor yang ada di mahkota Ratu Inggris. Foto : Presstv

jpnn.com - Setelah jadi polemik panjang, Pemerintah India akhirnya menyatakan tak akan lagi mempermasalahkan keberadaan salah satu berlian raksasa di dunia yang bersemayam di mahkota Ratu Inggris. Ya, berlian yang dimaksud adalah Koh-i-Noor berukuran 105 karat yang menghiasi mahkota Ratu Elizabeth II. Benda itu sudah menjadi harta kerajaan sejak 150 tahun silam.

Polemik tentang batu mulia itu terjadi setelah banyak warga India yang menginginkan Inggris mengembalikan berlian itu ke negara asalnya.

Namun baru-baru ini Perdana Menteri India Narendra Modi mengatakan pada Mahkamah Agung India bahwa mereka harus merelakan berlian itu tetap di tangan Inggris. ”Sebab kenyataannya berlian tersebut tidak pernah dicuri atau diambil secara paksa oleh Inggris,” kata Modi seperti dilansir Reuters.

Modi menambahkan, Koh-i-Noor diberikan sukarela oleh Maharaja Ranjit Singh pada Inggris tahun 1851. Dan digunakan oleh Ratu Elizabeth II saat penobatannya tahun 1953.

Kini berlian itu tengah dipamerkan di Menara London. (jpnn/pda)


Setelah jadi polemik panjang, Pemerintah India akhirnya menyatakan tak akan lagi mempermasalahkan keberadaan salah satu berlian raksasa di dunia


Redaktur & Reporter : Tim Redaksi

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News