Indo Straits Bidik Dana IPO Rp 95 Miliar

Indo Straits Bidik Dana IPO Rp 95 Miliar
Indo Straits Bidik Dana IPO Rp 95 Miliar
JAKARTA - Perusahaan pelayaran, PT Indo Straits menetapkan kisaran harga perdana Rp 800-950. Pelepasan saham  100 juta lembar atau 18,18 persen itu dilakukan melalui mekanisme penawaran saham perdana (initial public offering/IPO). Dari pelepasan saham perdana itu, perseroan bakal meraih dana segar  Rp 80-95 miliar. “Dana hasil IPO, 36 persen untuk pelunasan utang kepada PT Bank Permata, 50 persen untuk pembiayaan mechanical crane dan sisanya 14 persen untuk modal kerja,” ujar Dwi Prasetya Suseno, Chief Financial Officer (CFO),  Indo Straits, di Jakarta, Kamis (16/6).

Perseroan mengantongi total utang kepada  Bank Permata  sebesar Rp 109,8 miliar, yang dipergunakan untuk pembangunan kapal. Sementara porsi terbesar penggunaan dana IPO, diperuntukan untuk pembiayaan pembuatan crane dengan daya angkat mencapai 30 ribu ton. Karena itu, perseroan berencana membeli  mechanical crane dari Jerman senilai US D15 juta per kapal. Adanya crane itu diharapkan dapat menambah nilai kontrak perseroan. “Sebenarnya bisa saja membeli mechanical crane dengan teknologi China yang murah seharga USD 3 juta. Tetapi, produk Jerman lebih safety dan  memiliki kualitas bagus,"  katanya.

Sepanjang tahun ini, perseroan optimistis mampu membukukan laba bersih sebesar USD 5,5 juta. Sementara pendapatan perseroan diproyeksi sebesar USD 50 juta. Pendapatan itu nantinya akan didukung dari kontrak yang telah diperoleh perseroan sepanjang 2011. Kontrak-kontrak itu antara lain berasal dari beberapa perusahaan yaitu Total Indonesia, Jembayan Muara Baya, Arutmin dan Asia Pacific (AP) Resources Indonesia. “Nlai existing kontrak yang telah didapat adalah sekira USD 35 juta,” ulasnya.

Bertindak sebagai sebagai penjamin pelaksana efek (underwritter) PT Sinarmas Sekuritas. Tanggal efektif diperkirakan pada 28 Juni 2011, penawaran pada 1-5 Juli, penjatahan 7 Juli, distribusi pada `11 Juli dan pencatatan di bursa pada 12 Juli.

JAKARTA - Perusahaan pelayaran, PT Indo Straits menetapkan kisaran harga perdana Rp 800-950. Pelepasan saham  100 juta lembar atau 18,18 persen

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News