JPNN.com

Indomedia Poll: Kualitas Nadiem Makarim Tak Setinggi Kepercayaan Dirinya

Jumat, 03 Juli 2020 – 09:12 WIB
Indomedia Poll: Kualitas Nadiem Makarim Tak Setinggi Kepercayaan Dirinya - JPNN.com
Mendikbud Nadiem Makarim. Foto: Ricardo

jpnn.com, JAKARTA - Direktur Eksekutif Indomedia Poll, David Krisna Alka menilai kepercayaan Jokowi kepada Nadiem sangat tinggi ketika melantiknya menjadi Mendikbud.

Begitu pula dengan Nadiem, kepercayaan dirinya terlalu tinggi untuk mampu bekerja dan membenahi ruang didik dan pendidikan di Indonesia, saat dilantik oleh Jokowi beberapa waktu lalu.

“Tapi ya, kepercayaan tinggi Jokowi kepada Nadiem dan kepercayaan diri Nadiem yang tinggi itu tak sebanding atau setara dengan apa yang dirasakan dalam dunia pendidikan kita, terutama masa pandemi ini. Nadiem lebih banyak di belakang meja daripada ke lapangan” ujar David Krisna Alka dalam webinar Indomedia Poll.

David menyampaikan, ide dan inisiatif melakukan Webinar ini bermula dari “amarah” Presiden Jokowi kepada para menterinya tentang kerja yang kurang maksimal dan biasa-biasa aja yang dilakukan para menterinya di masa pandemi coronavirus COVID-19.

“Dari sorotan riset media Indomedia Poll, beberapa kebijakan Mas Nadiem menuai kritik. Seperti belum adanya terobosan digitalisasi pendidikan. Padahal itu kan mandat presiden. Itu pula yang menjadi jualan keunggulan Nadiem diangkat Mendikbud. Apalagi masa pandemi, belum ada inovasi mengatasi pendidikan di era pandemi ini dari Nadiem” jelas David.

Selain itu, tambah David, Nadiem juga jarang sekali turun ke lapangan.

“Padahal Jokowi selalu minta menterinya turun ke lapangan dan mendengar persoalan langsung. Jokowi pernah menyentil Nadiem; Mas Menteri, Indonesia bukan hanya Jakarta. Ada kesan, pendekatan Nadiem juga sangat elitis. Selain itu juga soal penyerapan anggaran rendah, salah satu tamengnya adalah sudah mendapat izin presiden. Ini kemunduran karena selama ini serapan anggaran Dikbud sangat baik” terang David Krisna Alka.

Darmaningtyas menyampaikan bahwa jauh-jauh hari sudah melontarkan kritik bahwa Nadiem tidak pantas menjadi Menteri Pendidikan.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
adil