JPNN.com

Indra Membandingkan Kinerja Nadiem Makarim dengan Muhadjir Effendy, Oh Ternyata..

Kamis, 02 Juli 2020 – 21:08 WIB
Indra Membandingkan Kinerja Nadiem Makarim dengan Muhadjir Effendy, Oh Ternyata.. - JPNN.com
Nadiem Makarim. Foto: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Pengamat dan Praktisi Pendidkan Indra Charismiadi membandingkan cara kerja Menteri Pendidkan dan Kebudayaan (Mendikbud) Nadiem Makarim dengan Menteri Koordinator bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan (Menko PMK) Muhadjir Effendy.

Muhadjir yang mantan Mendikbud ini dinilai lebih gesit dan rajin meski usianya tidak muda lagi. Sebaliknya Nadiem dinilai lebih lamban padahal usianya jauh lebih muda.

Selain itu, saat Muhadjir menjabat Mendikbud, sangat rajin mengunjungi sekolah-sekolah. Berbeda dengan Nadiem yang tidak melakukan kunjungan ke sekolah maupun kampus.

"Katanya Mas Menteri mengadopsi cara pemikiran Bapak Pendidikan Ki Hadjar Dewantoro tetapi Ing Madyo Mangun Karso. Namun, coba evaluasi berapa banyak Mendikbud selama 8 bulan menjabat melakukan kunjungan ke sekolah-sekolah atau kampus-kampus," kata Indra kepada JPNN.com, Kamis.(2/7).

"Pernah tidak kunjungannya di luar Pulau Jawa? Dan, dalam kunjungan tersebut berapa lama waktu yang Nadiem habiskan untuk bercengkerama dengan para pendidik juga dengan para peserta didik," sambungnya.

Selain itu, lanjut Indra, sejak Maret apakah ada kunjungan tersebut. Bandingkan dengan Presiden Joko Widodo yang tidak kunjung henti melakukan kunjungan ke daerah-daerah.

Begitu juga menteri lain seperti Menko PMK Muhadjir Effendy yang turun langsung ke rumah sakit, dan memberikan bantuan-bantuan kepada masyarakat.

Dia juga menyoroti soal kurangnya Mendikbud Nadiem memotivasi para guru, peserta didik, orang tua untuk tetap tenang dan menjalankan pembelajaran jarak jauh (PJJ) daring secara efektif dan efisien.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...
natalia