Indonesia Akan Bantu Namibia Atasi Permasalahan Lahan Kering

Indonesia Akan Bantu Namibia Atasi Permasalahan Lahan Kering
Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman usai mengantar kepergiaan Presiden Namibia Hage Gottfried Geingob kembali ke negaranya di Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Sabtu (1/9). Foto Fathan Sinaga/jpnn.com

jpnn.com, JAKARTA - Pemerintah Indonesia akan membantu Namibia dalam mengatasi permasalahan lahan kering. Hal ini disampaikan Menteri Pertanian Andi Amran Sulaiman di sela-sela melepas kepergian Presiden Namibia Hage Gottfried Geingob kembali ke negaranya dari Bandara Halim Perdanakusuma, Jakarta Timur, Sabtu (1/9).

"Kami akan membangun kerja sama ke depan, khususnya pertanian yaitu bagaimana mengubah lahan kering menjadi produktif. Bagaimana mengangkat planting index-nya menjadi dua kali lipat. Sama seperti di Indonesia," kata Amran.

Menurut Amran, Indonesia sangat berpengalaman mengubah lahan kering menjadi lahan produktif untuk pertanian. Amran mengklaim, lahan yang berproduksi hari ini, 50 persennya berasal dari lahan kering.

"Nah, sekarang kami ingin membangun embung, sumur dangkal dan sumur dalam. Mereka juga tertarik (sistem) ini," kata dia.

Lebih lanjut kata Amran, negara di Afrika bagian selatan itu juga ingin belajar tentang cara peningkatan produktivitas komoditas pertanian Indonesia. Presiden Namibia, lanjut Amran, sangat tertarik dengan capaian Indonesia yang berhasil menekan semua keran impor.

"Khususnya beras dan jagung. Itu dianggap luar biasa. Namibia penduduknya dua juta Lebih tapi masih mengimpor dari negara lain. Nah, kami akan membangun kerja sama ke depan," pungkas Amran. (tan/jpnn)


Menurut Amran, Indonesia sangat berpengalaman mengubah lahan kering menjadi lahan produktif untuk pertanian.


Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News