JPNN.com

Padi Rawa Siap Panen di Hari Pangan Sedunia 2018

Jumat, 31 Agustus 2018 – 08:47 WIB Padi Rawa Siap Panen di Hari Pangan Sedunia 2018 - JPNN.com

jpnn.com, BARITO KUALA - Pelaksanaan Gelar Teknologi yang merupakan bagian Peringatan Hari Pangan Sedunia (HPS) 2018 ke 38 semakin dekat.

Persiapan puncak acara tahunan yang akan dilakukan Kabupaten Barito Kuala Provinsi Kalimantan Selatan (Kalsel) pada Oktober mendatang itu sudah mencapai 98 persen.

Kementerian Pertanian yang merupakan sektor utama penyelenggara terus mengawal setiap detaill kegiatan.

Terutama dalam menggenjot pemanfaatan lahan rawa untuk pertanian produktif yang menjadi tema besar nasional 2018 ini.

Pengelolaan dan pengawasan intensif di lokasi yang diproyeksikan mencapai 4.200 ha itu.

"Di sini rencananya dicanangkan kita membangunkan raksasa tidur, kita punya rawa lebak dan pasang surut yang begitu luas. Ini akan menjadi basis produksi, dan cita-cita Indonesia akan menjadi lumbung pangan dunia bukan mustahil. Kita wujudkan dengan pencanangan dari sini," kata Direktur Jenderal Prasarana dan Sarana Pertanian (PSP) Pending Dadih Permana saat mengunjungi lokasi.

Selaku penanggungjawab persiapan HPS 2018, Pending harus memastikan pada hari H lahan pasang surut yang sudah ditanami padi seluas 97 hektare siap untuk panen.

"Ini kan aslinya lahan rawa yang selama ini kurang produktif. Banyak kendala dalam pemanfaatan pasang surut mulai air sering naik pada saat penghujan hingga kadar keasaman yang tinggi. Kita manfaatkan teknologi untuk menjadikannya produktif," imbuh Pending.

SPONSORED CONTENT

loading...
loading...