Indonesia Berkomitmen Menjaga Kelestarian Sumber Daya Air

Indonesia Berkomitmen Menjaga Kelestarian Sumber Daya Air
Menteri LHK Siti Nurbaya menjadi salah satu pembicara kunci dalam acara High-level Dialogue on Water, atas undangan Pemerintah Italia selaku Presidensi G20 2021, yang diselenggarakan secara virtual, Rabu (29/9/2021). Foto: KLHK

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) Siti Nurbaya menegaskan Indonesia pada berbagai strata pemerintahan bekerja mewujudkan komitmen global dalam menjaga kelestarian sumber daya air.

Penegasan Menteri Siti Nurbaya itu dikemukakan ketika menjadi salah satu pembicara kunci dalam acara High-level Dialogue on Water, atas undangan Pemerintah Italia selaku Presidensi G20 2021, yang diselenggarakan secara virtual, Rabu (29/9/2021).

Dalam acara ini Menteri LHK Siti Nurbaya didampingi Plt Dirjen Pengendalian Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan (PPKL) KLHK Sigit Reliantoro, Direktur Perencanaan dan Evaluasi  Pengendalian DAS KLHK Dr. Saparis, dan Kepala Biro Kerja Sama Luar Negeri KLHK Dida.

Kegiatan tersebut diikuti oleh para pejabat setingkat menteri bidang lingkungan hidup dan kehutanan dari negara-negara tropika G20, para pejabat tinggi perwakilan dari 12 negara anggota G20, serta berbagai pimpinan entitas PBB dan lembaga internasional pemerhati lingkungan.

Menteri Siti menjelaskan tentang peran esensial sumber daya air berkelanjutan dalam pengelolaan DAS, penyusunan Kajian Lingkungan Hidup Strategis (KLHS), serta pembangunan keamanan pangan dan energi di Indonesia.

Menurut dia, Indonesia juga mendukung langkah-langkah perundingan dan kerja sama global terkait kelestarian sumber daya air yang sedang berlangsung.

Capaian Indonesia

Menteri LHK juga menyampaikan beberapa capaian signifikan yang telah dilakukan Pemerintah. Sebagai contoh, instalasi daur ulang air wudhu di Masjid Nasional Istiqlal.

Menteri LHK Siti Nurbaya menegaskan Indonesia pada berbagai strata pemerintahan bekerja mewujudkan komitmen global dalam menjaga kelestarian sumber daya air.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News