Indonesia Butuh Teknologi-Inovasi

Menko Bidang Perekonomian Raih Penghargaan dari ITB

Indonesia Butuh Teknologi-Inovasi
Indonesia Butuh Teknologi-Inovasi
BANDUNG - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa mendapat penghargaan Ganesa Prajamanggala Bakti Kencana dari Institut Teknologi Bandung (ITB). ”Penghargaan itu diberikan atas pengabdiannya yang menonjol selama menjabat sebagai Menko Ekonomi di Kabinet Indonesia Bersatu Jilid II,” kata Rektor ITB Prof. Akhmaloka, Ph.D. Penganugerahan digelar bertepatan dengan peringatan 91 tahun pendidikan tinggi teknik di Indonesia, bertempat di Aula Barat ITB, Bandung, 9 Juli 2011. Rektor ITB Prof. Akhmaloka, Ph.D memimpin langsung prosesi tersebut.

Selain Hatta, tokoh lain yang mendapat penghargaan Ganesa Prajamanggala Bakti Kencana adalah Ir. H. Djuanda Kartawijaya, mantan Perdana Menteri di era Presiden Soekarno. Sementara dua Menteri Kabinet Indonesia Bersatu Jilid II lainnya mendapat penghargaan Ganesa Prajamanggala Bakti Adiutama. Keduanya adalah Menteri Pendidikan Nasional Muhammad Nuh, dan Menteri Kelautan dan Perikanan Fadel Muhammad.

Dalam orasi ilmiahnya di depan civitas akademika ITB, Hatta Rajasa mengajak perguruan tinggi teknik berperan dalam program Masterplan Percepatan dan Perluasan Pembangunan Ekonomi Indonesia (MP3EI). ”Perguruan tinggi teknik dapat memberi kontribusi dalam pelaksanaan inovasi. Teknologi dan inovasi berperan amat penting dalam menentukan keberhasilan implementasi MP3EI,” kata Hatta. Berbicara tentang pembangunan ekonomi, lanjut Hatta, Indonesia sesungguhnya telah banyak mengalami kemajuan. Sekarang bangsa ini dapat mengamati dengan bangga bahwa Indonesia merupakan salah satu dari sedikit negara di dunia yang akhir-akhir ini kemajuan ekonominya banyak diakui oleh para pengamat internasional.

Berbagai indikator sosial pun membaik seperti terus berkurangnya angka pengangguran, kemiskinan, serta Indeks Pembangunan Manusia (IPM). Kemajuan ekononomi yang dicapai telah meningkatkan peran Indonesia dalam perekonomian global. Saat ini Indonesia sudah menempati urutan ekonomi ke-17 terbesar di dunia, melebihi beberapa negara maju seperti Swiss, Norwegia, Swedia, dan Afrika Selatan. Menurut Hatta, Indonesia memiliki potensi yang luar biasa untuk menjadi bangsa yang besar. Indonesia mempunyai demografi penduduk yang menguntungkan, kekayaan sumber daya alam, serta posisi geografis yang strategis. Indonesia adalah negara dengan jumlah penduduk ke-4 terbesar di dunia.

BANDUNG - Menteri Koordinator Bidang Perekonomian Hatta Rajasa mendapat penghargaan Ganesa Prajamanggala Bakti Kencana dari Institut Teknologi Bandung

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News