Indonesia Digital Tak Mungkin Terwujud Tanpa Hal ini

Indonesia Digital Tak Mungkin Terwujud Tanpa Hal ini
Sekjen DPP NasDem Johnny G Plate. Ilustrasi Foto: Ricardo/JPNN

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate menyatakan upaya mewujudkan Indonesia digital tidak dapat dilakukan tanpa adanya kerja sama dari berbagai pihak.

Karena itu, Kemenkominfo menginisiasi Forum Ekonomi Digital Kominfo (FEDK) sebagai wadah resmi antara pemerintah dan pelaku industri digital untuk berdiskusi, bertukar pikiran serta berkolaborasi.

FEDK merupakan salah satu dalam penciptaan langkah dan opsi antisipatif bagi pengembangan ekosistem ekonomi digital di Indonesia.

"FEDK yang ke-2 telah dilaksanakan dengan mengangkat tema fintech, pada 29 September 2021 lalu," ujar Menteri Johnny saat memberikan sambutan Bisnis Indonesia Financial Award (BIFA) 2021 yang berlangsung virtual dari Jakarta Pusat, Selasa (7/12).

Menteri Johnny kemudian memaparkan beberapa kesepakatan dalam FEDK yang membahas mengenai financial technology (fintech).

Pertama, peningkatan kolaborasi erat lintas pemangku kepentingan dalam memberantas fintech ilegal.

Kedua, peningkatan literasi digital kepada masyarakat berkaitan dengan fintech dan pinjaman online (pinjol).

“Ketiga, pengadaan dan pemanfaatan database pihak terkait pinjol ilegal yang digunakan untuk dasar pemberian sanksi/penegakan hukum."

Indonesia Digital tidak mungkin akan terwujud tanpa adanya kerja sama berbagai pihak.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News