Indonesia Dikepung Tiga Tim Timur Tengah

Indonesia Dikepung Tiga Tim Timur Tengah
Timnas Garuda. Foto: Charlie L/Indopos
JAKARTA - Indonesia dikeroyok tim-tim Timur Tengah. Itulah hasil undian putaran III babak kualifikasi Piala Dunia 2014 zona Asia yang diadakan di Brazil kemarin dini hari WIB (31/7). Tiga lawan Pasukan Garuda itu adalah Iran, Qatar, dan Bahrain.

Di atas kertas, secara peringkat, Indonesia berada jauh di bawah tiga pesaingnya di grup E tersebut. Iran saat ini menghuni peringkat ke-54 FIFA (ke-4 Asia), Qatar peringkat ke-90 FIFA (ke-7 Asia), dan Bahrain ke-100 FIFA (ke-11 Asia). Indonesia saat ini tercecer di posisi ke-137 peringkat FIFA. Tetapi, bola itu bundar. Tim Merah Putih tetap punya kans untuk masuk dua besar grup E yang berhak lolos ke fase berikutnya.

Di antara tiga tim pesaing itu, tentu saja Iran yang terberat. Skuad Negeri Para Mullah tersebut memiliki diisi sejumlah pemain yang berlaga di kompetisi Eropa. Misalnya, Javad Nekounam yang membela klub Spanyol Osasuna. Iran saat ini dibesut oleh pelatih dengan jam terbang tinggi, Carlos Queiroz. Dia adalah mantan pelatih timnas Portugal, Real Madrid, dan asisten pelatih Manchester United.

Di antara empat tim di grup E, Iran adalah satu-satunya yang pernah berpartisipasi di putaran final Piala Dunia. Bahkan, Team Melli "julukan timnas Iran" sudah tiga kali mencicipinya, yaitu edisi 1978, 1998, dan 2006. Di Asia, prestasi Iran menjulang. Mereka tercatat tiga kali menjadi jawara Piala Asia (1968, 1972, dan 1976).

JAKARTA - Indonesia dikeroyok tim-tim Timur Tengah. Itulah hasil undian putaran III babak kualifikasi Piala Dunia 2014 zona Asia yang diadakan di

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News