Indonesia Diminta Belajar Demokrasi ke Jepang

Indonesia Diminta Belajar Demokrasi ke Jepang
Indonesia Diminta Belajar Demokrasi ke Jepang
JAKARTA- Duta Besar Jepang untuk Republik Indonesia Kojiro Shiojiri, mengajak parlemen Indonesia untuk memanfaatkan program kerjasama Indonesia-Jepang tentang sistem parlemen dan otonomi daerah yang dinilai berhasil oleh berbagai lembaga internasional di dunia.

"Kesempatan kerjasama ini hendaknya dapat dimanfaatkan secara lebih maksimal oleh kedua negara, utamanya Indonesia yang hingga kini masih mencari formulasi yang tepat untuk parlemen dan otonomi daerah," kata Kojiro Shiojiri, saat memberikan sambutan dalam acara pertemuan Anggota DPD, Gubernur se Indonesia dan Duta Besar Negara Sahabat, di komplek Parlemen Senayan Jakarta, Jumat (12/3).

Selain meminta mengoptimalkan kerjasama di bidang parlemen dan otonomi daerah, Dubes Jepang juga menyebut sejumlah kerjasama lainnya yang yang sangat menguntungkan Indonesia. "Di sejumlah daerah di Indonesia seperti Aceh, Medan, Palembang, Lombok, Pekan Baru, Lampung, Jawa Tengah, Makassar, Maluku dan Papua pemerintah Jepang juga mendirikan pusat-pusat pelatihan pelayanan kesehatan bagi masyarakat setempat," tambahnya.

Sementara itu, Ketua DPD RI Irman Gusman dalam sambutannya menegaskan kemajuan daerah di era desentralisasi bukan hanya tanggungjawab Pemerintah Daerah, tetapi juga menjadi tanggungjawab bersama karena sistem demokrasi yang dianut memungkinkan keterlibatan semua pihak dalam proses pembangunan.

JAKARTA- Duta Besar Jepang untuk Republik Indonesia Kojiro Shiojiri, mengajak parlemen Indonesia untuk memanfaatkan program kerjasama Indonesia-Jepang

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News