Indonesia Gandeng NASA Pantau Mobilitas Masyarakat? Begini Kata Pak Luhut

Indonesia Gandeng NASA Pantau Mobilitas Masyarakat? Begini Kata Pak Luhut
Ilustrasi penerapan PPKM Darurat: Ricardo/JPNN.com

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Koordinator bidang Maritim dan Investasi (Marinves) Luhut Binsar Panjaitan mengatakan pemerintah menggandeng lembaga antariksa Amerika Serikat, National Aeronautics and Space Administration (NASA) untuk memantau mobilitas penduduk Indonesia.

Penanggung Jawab Pelaksanaan PPKM Darurat itu mengatakan pemerintah melakukan pemantauan secara komprehensif.

Termasuk memantau pergerakan warga selama PPKM Darurat dengan menggunakan Indeks Mobilitas dan cahaya malam.

"Kami menggandeng Facebook Mobility dan Google Trafic, serta cahaya malam dengan NASA," kata Luhut dalam konferensi pers virtual, Selasa, (6/7).

Menurut dia, dengan upaya itu pemerintah bisa membandingkan efektivitas pembatasan mobilitas di masa PPKM Darurat dengan PPKM sebelumnya.

"Sehingga kita punya data yang lebih akurat," tambah dia.

Dia juga menyebutkan untuk memantau mobilitas di DKI Jakarta pemerintah memadukannya dengan data yang reliabel sebagai tolok ukur.

Purnawirawan jenderal TNI bintang empat itu mengaku bisa mengetahui perubahan mobilitas yang berkorelasi erat dengan jumlah kasus Covid-19 di DKI Jakarta.

Luhut mengatakan pelaksanaan PPKM Darurat sejauh ini masih sangat terkendali. Dia mengakui masih terjadi sejumlah permasalahan dalam pelaksanaan PPKM Darurat, namun masih dapat diatasi satu per satu.

"Jadi kalau ada yang bilang semua tidak terkendali sangat tidak benar. Bahwa ada masalah, sangat banyak masalah, tetapi masalah ini satu per satu kami kira bisa diselesaikan dengan baik," tandas dia. (tan/jpnn)

Menteri Koordinator bidang Maritim dan Investasi (Marinves) Luhut Binsar Panjaitan mengatakan bahwa pemerintah menggandeng lembaga antariksa Amerika Serikat, National Aeronautics and Space Administration (NASA). Nantinya pemerintah akan melakukan evaluasi


Redaktur & Reporter : Fathan Sinaga

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News