Menko Luhut Siapkan Skenario Meminta Tolong kepada Tiongkok

Menko Luhut Siapkan Skenario Meminta Tolong kepada Tiongkok
Menko Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Pandjaitan. Foto: Antara/HO

jpnn.com, JAKARTA - Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Binsar Panjaitan menyatakan telah menyiapkan skenario bila lonjakan kasus Covid-19 di tanah air mencapai angka 40 ribu per hari.

Menurut Luhut, salah satunya opsi yang dipersiapkan pemerintah adalah meminta tolong ke sejumlah negara sahabat.

"Sekarang kami sudah buat skenario bagaimana kalau kasusnya 40 ribu," kata Luhut dalam konferensi pers virtual usai rapat bersama Presiden Joko Widodo, Selasa (6/7).

Menurut Luhut, pemerintah telah menyiapkan persediaan obat, oksigen, serta kapasitas rumah sakit untuk menangani lonjakan kasus Covid-19.

Selain itu, pemerintah pun telah berkomunikasi dengan negara-negara sahabat jika nantinya bantuan mereka dibutuhkan.

"Kalau ada yang bilang tadi perlu bantuan dari luar kami juga sudah komunikasi dengan Singapura, kami komunikasi juga dengan Tiongkok, dan komunikasi juga dan sumber-sumber lain. Jadi, sebenarnya semua secara komprehensif sudah kami lakukan," tutur Luhut.

Eks Menko Polhukam itu juga menerangkan bahwa Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin telah menyiapkan ICU untuk pasien virus Covid-19.

Kemudian, menjadikan Asrama Haji Pondok Gede sebagai Rumah Sakit Darurat Covid-19 yang dapat difungsikan mulai Kamis depan.

Menko Luhut menyatakan telah menyiapkan opsi meminta bantuan kepada negara sahabat bila lonjakan kasus Covid-19 makin tak terkendali.

Silakan baca konten menarik lainnya dari JPNN.com di Google News